Kamis, 05 Oktober 2023

Soal dan kunci jawaban modul 3 Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis [Kemitraan dengan HP Indonesia]

 

1.       Seorang murid Kelas 11 berkonsultasi dengan Guru BK. Ia ingin meneruskan kuliah di jurusan Mikrobiologi. Bersama Gurunya ia membuat rencana belajar, rencana kunjungan virtual ke kampus-kampus Mikrobiologi, dan meminta kesediaan agar Guru BK-nya menyempatkan waktu untuk berbincang dengannya jika motivasinya sedang turun. Perencanaan murid ini paling mencerminkan keterampilan…

-Refleksi

-Manajemen diri

-Adaptasi

-Gairah

2.       Mana yang bukan manfaat soft skill Self-Regulated Learning?

-Self-Regulated learning membuat belajar lebih singkat

-Self-Regulated Learning menumbuhkan motivasi belajar intrinsik

-Seorang self-regulated learning lebih adaptif

-Seorang self-regulated learner mampu mengevaluasi sendiri aktivitas belajarnya

3.       Seorang self-regulated learning mampu fokus dalam kegiatan pembelajaran jangka panjang. Ia bisa mengembalikan motivasinya ketika sedang kehilangan semangat atau menghadapi distraksi. Deskripsi ini paling mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:

-Cakap mengatur hidupnya dengan tertib

-Mandiri pada cara

-Komitmen pada tujuan

-Belajar dari orang lain

 

4.       Ada tiga keterampilan utama yang menjadi prasyarat praktik Self-Regulated Learning. Seorang self-regulated learner terampil membuat jadwal, membuat prioritas, mengatasi distraksi. Deskripsi ini mencerminkan keterampilan:

-Refleksi

=Manajemen diri

=Adaptasi

-Optimis

5.       Mengapa Ibu Amelia tidak melanjutkan mengumukan nilai perolehan ujian?

-Ia sadar bahwa mempermalukan malah menghambat motivasi belajar murid.

-Ia sadar bahwa mempermalukan tidak membuat murid tertarik pada topik yang diajarkan

-Ia sadar bahwa mempermalukan murid tidak berpengaruh apa-apa terhadap murid

-Ia sadar bahwa murid yang nilainya bagus malah merosot selanjutnya.