Rabu, 04 Oktober 2023

Soal dan kunci jawaban modul 2 Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis [Kemitraan dengan HP Indonesia]

 

1.       Pak Leo, guru IPA, berbincang-bincang dengan Bima, Lintang, dan Rian. Mereka baru saja selesai dengan project-based learning tentang pertanian urban. Mereka kecewa karena kebun kecil mereka gagal panen. Pak Leo bilang bahwa ia senang mereka bertiga merasa kecewa, karena artinya mereka serius dengan kebunnya. Ia juga menyampaikan ia kagum bahwa mereka bertiga mencari tahu penyebab gagal panennya. Ciri Pemimpin Transformasional yang paling dicerminkan Pak Leo adalah:

-Memiliki visi.

-Memiliki gaya kepemimpinan yang mendukung

-Memberikan stimulasi intelektual

-Memberikan apresiasi

2.       Definisi Kepemimpinan adalah:

-Kemampuan menulis kebijakan

-Kemampuan memimpin rapat

-Kemampuan menggerakkan sekelompok orang dalam mencapai tujuan bersama

-Kemampuan membuat orang lain menurut

 

3.       Salah satu ciri Pemimpin Transformasional adalah "mengetahui dan memahami arah, pemimpin transformasional harus mampu mengkomunikasikan visi dengan jelas." Ciri ini disebut:

-Memiliki visi.

-Memiliki komunikasi yang menginspirasi.

-Memberikan stimulasi intelektual

-Memberikan apresiasi

4.       Ada empat komponen yang perlu diperhatikan dalam praktik kepemimpinan kelas. Apakah tindakan pemimpin yang dianggap sebagai komponen "Share":

-Memberikan teladan

-Menciptakan pengalaman belajar

- Berbagi ilmu

- Membangun kepercayaan

 

5.       Ada empat komponen yang perlu diperhatikan dalam praktik kepemimpinan kelas: Model, Experience, Share dan Trust. Komponen yang manakah praktik ini: "Seorang pemimpin mengapresiasi, memantau, dan berbagi ilmunya kepada rekan sejawat, juga kepada murid"

-Model

-Experience

-Share

-Trust