Rabu, 13 Juli 2022

ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN

 

Apa itu Ice Breaker? 

Peralihan situasi dari yang membosankan, mengantuk dan tegang menjadi ceria dan menyenangkan.

Tujuan dilaksanakan ice breaking

a.       Terciptanya kondisi-kondisi yang equal (setara) antara     sesama peserta dalam forum training.

b.       Menghilangkan sekat-sekat pembatas di antara peserta.

c.        Terciptanya kondisi yang dinamis di antara peserta

d.        Menimbulkan kegairahan (motivasi) antara sesama peserta untuk melakukan aktivitas selama training berlangsung.

Macam-macam Ice Breaker

e.       Brain Gym (senam otak),

f.        Sulap

g.       Games (permainan),

h.       Menyanyi,

i.         Senam,

j.         Kalimat Pembangkit Semangat,

k.       Kalimat Indah Penuh Makna,

l.         Story Telling (teknik bercerita),

m.     Tepuk Tangan,

n.       Humor dan

o.       Tebak-tebakan

Hal-hal Yang Perlu Guru Perhatikan Saat Kegiatan Ice Breaking

Kegiatan ice breaking tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Guru Pintar harus merancang kegiatan ini dengan teliti dan hati-hati supaya dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Ada beberapa hal yang harus Guru Pintar perhatikan saat kegiatan ice breaking seperti berikut ini:

1. Guru Pintar harus mempunyai naluri (feeling) khusus yang kuat ketika melakukan proses ice breaking. Guru Pintar harus tahu apakah tujuan ice breaking sudah tercapai atau belum. Jangan sampai kegiatan ice breaking hentikan sebelum tercapai tujuannya, karena hal ini akan menimbulkan kendala pada saat penyajian materi berikutnya.

2. Saat melakukan ice breaking, Guru Pintar harus sudah dapat mendeteksi apakah siswa sudah saling mengetahui antara satu sama lain saat perkenalan.

3. Guru Pintar harus mengetahui kapan harus melakukan ice breaking. Waktu untuk melakukan ice breaking sangat kondisional, tergantung kepada tingkat keleburan dan juga kebutuhan siswa.

4. Usahakan kegiatan ice breaking dapat menimbulkan kesan positif.

5. Jangan berlebihan. Guru Pintar harus memperhatikan lama pelaksanaan kegiatan ice breaking. Jangan sampai kegiatan ice breaking lebih lama dari pada waktu pembelajaran inti.

Tips Melakukan Ice Breaking di Kelas

Top of Form

Di bawah ini adalah beberapa tips dalam melakukan ice breaking supaya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan.

1. Tentukan bentuk ice breaking yang akan digunakan

Salah satu cara mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan adalah dengan menggunakan ice breaking. Ada banyak sekali bentuk atau jenis ice breaking yang dapat Guru Pintar Gunakan. Bentuk ice breaking tidak hanya terbatas dalam bentuk games saja, tetapi dapat juga dalam bentuk nyanyian, gerakan tubuh, yel yel semangat belajar, dan lain sebagainya. Sebaiknya Guru Pintar memilih bentuk ice breaking yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan, jumlah peserta, dan juga alat atau bahan yang tersedia.

2. Siapkan materi ice breaking yang sesuai dengan kebutuhan

Sebelum mengaplikasikan kegiatan ice breaking di kelasGuru Pintar wajib menyiapkan materi ice breaking yang relevan dengan situasi dan materi yang akan diajarkan.

3. Siapkan media/alat yang akan digunakan

Setelah materi ice breaking ditentukan, hal berikutnya yang Guru Pintar juga harus mempersiapkan dengan detail adalah bagaimana cara menyampaikannya, alat atau bahan apa yang diperlukan, dan lain-lain. Jika Guru Pintar membutuhkan properti atau alat seperti speaker, kertas, alat tulis, dan lain-lain untuk mendukung kegiatan ice breaking, persiapkan dengan matang sebelum kegiatan ice breaking dilaksanakan.

4. Uji Coba

Untuk melihat apakah kegiatan ice breaking yang dirancang sudah sesuai dengan tujuan dan untuk melihat kira-kira kendala apa yang mungkin muncul saat ice breaking, Guru Pintar sangat disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Setelah uji coba dilakukan, Guru Pintar dapat melakukan penyempurnaan berdasarkan catatan atau masukan dari siswa dan juga rekan sejawat.

5. Pertimbangkan interaksi dengan siswa

Saat ice breaking, Guru Pintar harus memperhatikan interaksi yang terjadi. Guru Pintar harus berusaha tetap berkomunikasi dengan siswa dan bersikap aktif. Penting sekali untuk berinteraksi dalam ice breaking agar semua peserta didik/siswa memahami jalannya ice breaking, sehingga pelaksanaannya lancar hingga akhir.

6. Libatkan seluruh siswa

Tujuan ice breaking adalah untuk mencairkan suasana. Oleh karena itu semua siswa harus terlibat dan merasakan manfaat dari kegiatan ice breaking. Jangan sampai ada siswa yang merasa tidak dilibatkan atau tersisih dari kegiatan yang dilaksanakan.

7. Perhatikan lama waktu atau durasi ice breaking

Durasi pelaksanaan ice breaking harus benar-benar diperhatikan. Jika perlu, Guru Pintar dapat menyiapkan timer untuk mengingatkan kapan ice breaking harus selesai. Jangan sampai waktu pembelajaran habis hanya untuk kegiatan ice breaking saja.

8. Wow Faktor

Siswa tentu menyukai kejutan. Sesuatu yang tudak terduga akan membuat mereka penasaran. Meskipun kegiatan ice breaking yang Guru Pintar lakukan bukanlah kegiatan baru, modifikasi dan tambahkan wow faktor sehingga siswa tidak merasa bosan.

9. Pastikan siswa merasa nyaman

Ketika merencanakan ice breaking, pertimbangkan dengan matang faktor kenyamanan siswa.  Jangan sampai ice breaking yang dilaksanakan membuat siswa merasa tidak nyaman atau merasa tersinggung. Pilih kegiatan atau permainan yang dapat diterima oleh semua siswa dan pastikan tidak mengandung unsur SARA.

10. Lakukan review

Mereview kegiatan ice breaking yang telah dilakukan sangat penting untuk mengetahui apakah tujuan dari ice breaking telah tercapaiBagaimana caranya? bisa dengan cara mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang makna dari kegiatan atau permainan yang telah dilakukan. Kemudian Guru Pintar dapat memberikan penjelasan lebih detail lagi tentang kegiatan yersebut. Selain menghibur dan menyenangkan, kegiatan ice breaking juga harus dapat membawa manfaat bagi seluruh siswa.

Tebak-tebakan lucu:
1. Permen apa yang paling besar?

Jawab: Candy Borobudur.

2. Apa bukti wortel baik untuk kesehatan mata?

Jawab: Pernah liat kelinci pake kaca mata?

3. Buah apa yang ditakuti mahasiswa?

Jawab: Belimbingan skripsi.

4. Buah apa yang paling ditakutin sama LDR?

Jawab: Udah jalanin hubungan susah-susah eh pisang juga.

5. Ketika ada pesta permen, siapakah yang datang paling telat?

Jawab: Choco late.

Tebak-tebakan lucu dan receh:
6. Atlet menembak kalau buka took, namanya apa?

Jawab: Target.

7. Ketika menang lomba tari hujan apa yang didapatkan?

Jawab: Radang paru-paru.

8. Kalau New York pergi ke pesta kostum akan menjadi apa?

Jawab: Neworleans.

9. Seorang ksatria yang selalu menanggung semua rasa sakit dalam pertempuran. Tebak apa?

Jawab: Dia adalah seorang Sir Vivor.

10. Muka apa yang paling besar sedunia?

Jawab: Muka Bumi.

11. Jika ada 1 kilo batu dan 1 kilo kapas kalau dijatuhkan ke atas kaki, mana yang lebih sakit?

Jawab: Kaki kita.

12. Dia memiliki empat roda dan diatasnya ada lalat, siapakah dia?

Jawab: Truk sampah.

13. Tidak hidup tapi bisa mati, apakah dia?

Jawab: Baterai.

14. Kalau tukang daging pergi kencan apa yang akan dikatakan?

Jawab: Nice to meat you.

15. Ketika ilmuwan bereksperimen dengan kelinci dan serangga, maka akan menghasilkan?

Jawab: Bugs Bunny.

16. Hanya bisa naik, tapi tidak bisa turun apa?

Jawab: Usia kamu.

17. Hari yang selalu disebut tapi tidak pernah datang?

Jawab: Hari Besok.

18. Bahasa Inggris ikan tanpa mata?

Jawab: Fsh (tidak ada i= eyes).

19. Ditusuk bukan sate, dijaring bukan ikan?

Jawab: Konde.

20. Gang apa yang bikin ibu-ibu kesel?

Jawab: Gangguin suaminya.

Semoga bermanfaat...

sumber : Pelatihan Ice Breaking Seru, no boring dan anti garing agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan