Jumat, 01 Maret 2024

soal dan kunci jawaban post test Bimbingan dan Konseling: Layanan Peminatan dan Responsif

 

1.       Kapan waktu yang tepat untuk fasilitator konseling menyamakan pemahaman terkait apa itu konseling kelompok dan bagaimana pelaksanaannya?

Pada saat kegiatan refleksi

Pada saat diskusi pencarian solusi

Pada saat diskusi eksplorasi masalah

Pada saat kegiatan pembukaan awal

 

2.       Manakah tindakan yang perlu dilakukan saat memfasilitasi konseling kelompok?

Menanggapi dengan cepat setiap cerita peserta didik

Memotong cerita dari peserta didik saat belum selesai bercerita

Membiarkan peserta didik menyampaikan semua yang ingin disampaikan terlebih dahulu

Memaksakan saran dan nasihat secara langsung untuk peserta didik

3.       Pada pelaksanaan konseling kelompok, manakah yang hendaknya dilakukan terlebih dahulu?

Melakukan pencarian solusi perbaikan

Menyamakan pemahaman terkait apa itu konseling kelompok dan bagaimana pelaksanaannya

Merefleksi, berbagi pengalaman, bagaimana melakukan perubahan

Melakukan eksplorasi pada penyebab dan mungkin dampak dari permasalahan yang terjadi

4.       Keterampilan yang harus dimiliki pendidik saat menyelesaikan masalah pribadi peserta didik adalah…

Menjadi pendengar aktif, tidak memihak pada siapapun, menganggap remeh isu peserta didik

Dominan dalam konseling, bersikap netral, dan sensitif terhadap isu peserta didik

Menjadi pendengar yang baik, berpihak pada peserta didik, dan memiliki sensitivitas

Menjadi pendengar aktif, bersikap netral, dan sensitif terhadap isu peserta didik

5.       Apa yang dapat dilakukan jika satuan pendidikan tidak memiliki guru BK untuk melakukan konseling individu?

Satuan pendidikan dapat menunjuk guru manapun untuk menjadi guru BK

Satuan pendidikan dapat menunjuk guru yang memiliki kompetensi untuk mengemban peran sebagai guru BK

Wali kelas akan menjadi guru BK

Sesi konseling individu ditiadakan

6.       Dalam merealisasikan rencana aksi sebagai tindak lanjut konseling individu, pendidik perlu…

Melakukan penyesuaian dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik

Melakukan penyesuaian dengan target capaian sekolah

Melakukan penyesuaian dengan keinginan orang tua

Melakukan penyesuaian dengan kondisi di kelas peserta didik

7.       Untuk membuat rencana aksi hasil konseling individu, pendidik dapat melihat kembali…

Bagan analisis masalah kolom perilaku

Hasil wawancara

Hasil observasi

Bagan analisis masalah kolom strategi