1.
Kapan waktu yang tepat untuk fasilitator
konseling menyamakan pemahaman terkait apa itu konseling kelompok dan bagaimana
pelaksanaannya?
Pada saat kegiatan refleksi
Pada saat diskusi pencarian solusi
Pada saat diskusi eksplorasi masalah
Pada saat kegiatan pembukaan
awal
2.
Manakah tindakan yang perlu dilakukan saat
memfasilitasi konseling kelompok?
Menanggapi dengan cepat setiap cerita peserta didik
Memotong cerita dari peserta didik saat belum selesai
bercerita
Membiarkan peserta didik
menyampaikan semua yang ingin disampaikan terlebih dahulu
Memaksakan saran dan nasihat secara langsung untuk peserta
didik
3.
Pada pelaksanaan konseling kelompok, manakah
yang hendaknya dilakukan terlebih dahulu?
Melakukan pencarian solusi perbaikan
Menyamakan pemahaman terkait apa
itu konseling kelompok dan bagaimana pelaksanaannya
Merefleksi, berbagi pengalaman, bagaimana melakukan
perubahan
Melakukan eksplorasi pada penyebab dan mungkin dampak dari
permasalahan yang terjadi
4.
Keterampilan yang harus dimiliki pendidik saat
menyelesaikan masalah pribadi peserta didik adalah…
Menjadi pendengar aktif, tidak memihak pada siapapun,
menganggap remeh isu peserta didik
Dominan dalam konseling, bersikap netral, dan sensitif
terhadap isu peserta didik
Menjadi pendengar yang baik, berpihak pada peserta didik,
dan memiliki sensitivitas
Menjadi pendengar aktif,
bersikap netral, dan sensitif terhadap isu peserta didik
5.
Apa yang dapat dilakukan jika satuan pendidikan
tidak memiliki guru BK untuk melakukan konseling individu?
Satuan pendidikan dapat menunjuk guru manapun untuk menjadi
guru BK
Satuan pendidikan dapat menunjuk
guru yang memiliki kompetensi untuk mengemban peran sebagai guru BK
Wali kelas akan menjadi guru BK
Sesi konseling individu ditiadakan
6.
Dalam merealisasikan rencana aksi sebagai tindak
lanjut konseling individu, pendidik perlu…
Melakukan penyesuaian dengan
kondisi dan kebutuhan peserta didik
Melakukan penyesuaian dengan target capaian sekolah
Melakukan penyesuaian dengan keinginan orang tua
Melakukan penyesuaian dengan kondisi di kelas peserta didik
7.
Untuk membuat rencana aksi hasil konseling
individu, pendidik dapat melihat kembali…
Bagan analisis masalah kolom perilaku
Hasil wawancara
Hasil observasi
Bagan analisis masalah kolom
strategi