Kamis, 28 Desember 2023

PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MENJADI PEMIMPIN

 Pemimpin  adalah  orang  yang  memiliki   kharisma,   keahlian,   dan memiliki  pengaruh di lingkungan  tempatnya  berada. Pemimpin juga dapat   didefenisikan    sebagai   suatu   individu   atau   orang   yang memiliki  peran penting dalam mengarahkan, membimbing,  dan mengkoordinasikan

Terdapat  berbagai  macam kualitas  dari seorang pemimpin,  namun tidak  ada pemimpin  yang  memiliki  semua  karakter  tersebut  pada dirinya.

 

Salah satu cara menjadi pemimpin adalah dengan mengembangkan kualitas  pribadi  yang  kita  miliki.  Idealnya  kita  dapat  menargetkan untuk  memiliki  beberapa  karakter  positif  yang akan kita fokuskan. Jika kita tidak memiliki  suatu karakter  tertentu,  penting  juga untuk menemukan  karakter apa yang sebenarnya kuat dalam diri kita. Hal tersebut dapat didefenisikan  sebagai pengembangan  potensi diri.

Pengembangan  potensi diri adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri mereka, baik di bidang pribadi maupun profesional.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan,  keterampilan,  dan pengetahuan  individu agar dapat mencapai tujuan hidup yang lebih baik dan sukses.

TIPS CARA MENGEMBANGKAN POTENSI  DIRI

1. Ketahui kekuatan serta kelemahan

2. Jangan ragu untuk mencoba pengalaman baru

3. Temukan sumber motivasi

4. Biasakan untuk berpikir terbuka

5. Hindari kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain

6. Temukan lingkungan yang positif


Sumber modul AAP (Ayo Atasi Perundungan) melalui Program Roots Indonesia