Minggu, 30 April 2023

Soal dan kunci jawaban Modul 4 Pemodelan: Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

1.      Dalam rangkaian proses produksi, desain karya diperlukan sebelum perencanaan produksinya. Apa hubungan antara desain karya dengan perencanaan produksi?

A.    Desain karya merupakan dokumen pelengkap rencana produksi

B.     Desain karya merupakan konsep yang akan dinilai.

C.    Desain karya merupakan acuan kebutuhan produksi karya yang dijabarkan ke dalam rencana produksi

D.    Desain karya merupakan landasan pembuatan tema dan topik projek

 

2.      Jika ingin membuat rancangan kegiatan produksi hasil karya projek, murid dapat membuat tabel rencana anggaran produksi. Kolom apa saja yang diperlukan untuk memperjelas rencana anggaran produksi hasil karya projek profil?

A.    Kolom kebutuhan

B.     Kolom satuan harga

C.     Kolom jumlah harga

D.    Ketiganya benar

 

3.      Dalam mendampingi peserta didik, guru diharapkan memiliki kemampuan mengenali potensi dan dapat mengidentifikasi sumber daya yang dimiliki peserta didik supaya guru bisa membantu dalam menyelesaikan persoalan secara tepat.

Kemampuan guru dalam mendampingi peserta didik untuk menyelesaikan masalah seperti itu merupakan kemampuan guru sebagai...

A.    Sebagai mentor

B.     Sebagai konselor

C.     Sebagai kontributor

D.    Sebagai coach

4.      Dalam pembelajaran yang menempatkan murid sebagai subjek pemelajar, guru berperan sebagai narasumber sekaligus pendamping murid. Menurut pandangan Ki Hajar Dewantara, apa artinya mendampingi murid?

A.    Memfasilitasi proses pembelajaran murid sampai naik kelas

B.     Menuntun murid dalam mengembangkan seluruh kemampuannya

C.     Mengawasi murid dalam menjalankan proses produksi karya projek profil

D.    Menilai kemampuan murid berdasarkan hasil pengamatan proses

5.      Presentasi publik merupakan kegiatan yang terbuka untuk umum, terutama para pihak yang dilibatkan dalam pembelajaran berbasis projek. Apa tujuan kegiatan presentasi publik?

A.    Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam merancang pameran

B.     Meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang arti pembelajaran berbasis projek

C.     Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan gagasan dalam diskusi

 

D.    Meningkatkan kemauan dan kemampuan peserta didik untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan

6.      Jika satuan pendidikan memutuskan untuk mengadakan presentasi publik, maka guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu mempersiapkan presentasi publik. Apa yang dimaksud dengan presentasi publik dalam rangkaian pembelajaran berbasis projek?

A.    Kegiatan murid untuk menyampaikan capaian hasil projek

B.     Kegiatan murid untuk menyelesaikan pembelajaran berbasis projek

C.     Kegiatan murid untuk memperbaiki hasil projek yang belum mencapai target

D.    Kegiatan murid untuk mendokumentasikan rangkaian proses berprojek

 

7.     Hasil akhir dari proses kajian data hasil observasi adalah suatu kesimpulan yang merupakan pengetahuan baru. Mengapa kesimpulan hasil kajian data observasi dianggap sebagai pengetahuan baru?

A.    Kesimpulan merupakan jawaban atas sesuatu yang ingin diketahui peserta didik melalui observasi

B.     Kesimpulan merupakan akhir dari projek.

C.    Hasil dari kesimpulan memberikan nilai tertinggi dalam asesmen

D.    Semua benar

8.      Kegiatan mengumpulkan data meliputi kegiatan untuk memilah dan memilih data. Apa yang dimaksud dengan memilah data?

A.    Menyeleksi data hasil observasi berdasarkan narasumbernya

B.     Membagi-bagikan data kepada anggota kelompok kajian

C.     Memastikan data hasil observasi mencakup semua minat mitra

D.    Mengelompokkan data hasil observasi berdasarkan isi informasinya