1.
Memahami
perubahan peran merupakan bagian dari upaya membangun budaya yang mendukung
terciptanya ekosistem pendidikan kontekstual. Siapakah yang harus memahami
perubahan perannya untuk dapat mendukung upaya terciptanya ekosistem pendidikan
kontekstual?
A.
Murid
B.
Guru
C.
Kepala
sekolah
D.
Semuanya
benar
2.
Hasil
temuan data pada kegiatan observasi kemudian dikaji, dipilih, dipilah dan
dianalisa untuk mendapatkan simpulan. Selanjutnya murid melanjutkan
pembelajarannya pada tahap penentuan pilihan karya. Mengapa simpulan hasil
kajian data dan informasi merupakan suatu hal yang penting dan utama dalam
pembelajaran berbasis projek?
A.
Simpulan
kajian data dan informasi hasil observasi merupakan pengetahuan baru yang murid
dapatkan sendiri dan bermanfaat bagi murid
B.
Simpulan
kajian data merupakan informasi tambahan yang memperkuat alasan pemilihan topik
projek.
C.
Simpulan
kajian data menentukan asesmen sumatif murid nantinya
D.
Semua
benar
3.
Dari
hasil refleksi, murid dapat turut serta untuk menentukan piihan topik projek.
Pada tahap berikutnya, murid dapat melakukan observasi pada saat proses
melakukan projek profil. Apa tujuan dari observasi yang harus dilakukan murid?
A.
Mengkaji
topik pilihannya supaya sesuai dengan keinginan guru
B.
Melaporkan
pilihan topik hasil refleksi kepada guru
C.
Mendapatkan
penilaian oleh guru supaya dapat melanjutkan ke tahap pembelajaran berikutnya
D.
Mencari
dan menemukan data objektif dan referensi informasi yang relevan untuk
mendukung topik pilihannya
4.
Dalam
desain projek profil, terdapat cukup banyak tahapan pembelajaran. Yang
merupakan salah satu tahap awal dalam kegiatan projek profil, yaitu..
A.
Refleksi
untuk menentukan kesiapan satuan pendidikan
B.
Pemutakhiran
data satuan pendidikan
C.
Observasi dan
penentuan simpulan
D.
Kajian
bahan referensi untuk penelitian
5.
Ekosistem
pendidikan kontekstual harus dibangun dan dikuatkan untuk mendukung
implementasi pendidikan kontekstual berbasis projek. Berikut ini merupakan
langkah-langkah persiapan membangun ekosistem pendidikan kontekstual,
kecuali.....
A.
Membangun
budaya sekolah yang mendukung
B.
Memperbaiki
sarana dan prasarana penunjang
C.
Memaknai
perubahan peran pemangku kepentingan
D.
Mendorong
penguatan kapasitas pendidik
6.
Untuk membentuk dan menguatkan ekosistem pendidikan
kontekstual dibutuhkan budaya yang mendukung implementasi pembelajaran berbasis
projek. Apa yang dimaksud dengan budaya satuan pendidikan yang mendukung
implementasi pembelajaran berbasis projek yang berpusat pada murid?
A.
Kebiasaan menerapkan nilai-nilai
keutamaan praktik kegiatan pembelajaran
B.
Hasil budi daya pemangku kepentingan dalam
menciptakan ekosistem pendidikan kontekstual
C.
Kebiasaan menerapkan cara pembelajaran baru
dengan mennghapuskan cara pembelajaran lama
D.
Adaptasi terhadap perkembangan sumber-sumber
pembelajaran baru