Materi yang dipelajari
· Memahami literasi dan penerapannya
· Memahami indeks literasi di rapor pendidikan
· Memahami penerapan literasi dalam konteks di berbagai mata pelajaran
· Mengakses dan Menemukan Isi Teks beserta stateginya
· Menginterpretasi dan Memahami Isi teks beserta strateginya
· Mengevaluasi dan Merefleksikan Isi Teks beserta strateginya
· Meningkatkan literasi dengan teks fiksi dan non fiksi
1.
Mengapa kemampuan
literasi atas teks nonfiksi bisa membantu murid mencapai tujuan pembelajaran?
(A) Murid membutuhkan imajinasi yang tertuang dalam teks non fiksi
(B) Dengan teks non fiksi memberikan ragam bacaan yang dapat menguatkan
pengetahuan dan menmabha kosakata murid
(C) Kemampuan literasi atas teks nonfiksi membantu murid dalam bermain
(D) semua benar
2.
Apakah yang
dimaksud dengan teks fiksi?
(A) Rangkaian kata-kata yang berdasarkan kenyataan, dan berisi khayalan.
(B) Rangkaian kata-kata yang berdasarkan kenyataan, dan tidak berisi khayalan.
(c) Rangkaian kata-kata yang tidak berdasarkan kenyataan dan tidak berisi
khayalan.
(D) Rangkaian kata-kata yang tidak berdasarkan
kenyataan, dan berisi khayalan
3.
Teks fiksi berbentuk
historis dapat digunakan dalam mata pelajaran….
(A) IPA
(B) Matematika
(C) PJOK
(D) Sejarah
4.
Pak Domi melakukan
aktivitas yang dapat membangun berbagai sasaran literasi. Saat ini ia melihat
beberapa referensi, yaitu
Aktivitas:
1.Membaca nyaring cerita terbuka
2.Melontar pertanyaan pemantik
3.Menulis kosa kata sulit
4.Membaca teks
Sasaran:
A. Menambah wawasan kosa kata
B. Membangun kemampuan menyimak
C. Membangun kemampuan menjawab kontekstual
D. Membangun pemahaman membaca.
Pasangkanlah aktivitas dan sasaran literasi yang sesuai untuk meningkatkan
kompetensi literasi peserta didik!
(A) 1A, 2B, 3C, 4D
(B) 1B, 2C, 3A, 4D
(C) 1C, 2D, 3A, 4B
(D) 1D, 24, 3B, 4C
5.
Setelah jam membaca,
Bu Murni mengajak anak-anak di kelas melakukan percobaan mengapung dan
tenggelam menggunakan berbagai jenis bahan dan media. Sebelumnya Bu Murni
mengajak peserta didik membaca buku dengan latar belakang pantai. Apakah
kegiatan ini relevan dengan kegiatan membaca sebelumnya, dan apa alasannya?
(A) Tidak relevan. Kegiatan percobaan mata pelajaran IPAS, membaca itu mata
pelajaran Bahasa Indonesia.
(B) Relevan. Karena cerita yang dibacakan berasal dari Riau.
(C) Tidak relevan. Kegiatan membaca membangun kemampuan iterasi, kegiatan
percobaan butuh daya analisis dan kreasi
(D) Relevan. Cerita yang dibacakan bisa menjadi pembuka kegiatan karena
latar cerita di daerah pesisir pantai dan ada bagian cerita tokoh naik perahu.
6.
Teks non fiksi dapat
digunakan pada mata pelajaran…
(A) Sejarah
(B) Bahasa Indonesia
(C) Fisika
(D) semua Benar
7.
Berikut merupakan
jenis teks non fiksi, yaitu
(A) Biografi
(B) Buku teks sejarah
(C) Jurnal ilmiah
(D)
Semua benar