Rabu, 22 Maret 2023

PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA

 Perangkat pembelajaran diartikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan guru untuk mendukung proses belajar mengajar. Bahan ajar dilengkapi dengan jalur pembelajaran dan tujuan pembelajaran, yang disusun menurut bidang dan tingkatan tertentu. Perangkat pembelajaran dapat berupa bahan ajar, modul ajar, modul proyek atau buku teks.

Syarat Perangkat Pembelajaran Yang Baik

1. Akurat
Saat membuat bahan ajar yang akurat dan baik, Anda harus memperhatikan kausalitas. Darmiati Zuchdi (2013) menemukan bahwa akurasi dilihat dari segi ketepatan penyajian, menyajikan hasil penelitian dengan benar dan salah mengutip pendapat ahli.

2. Kesesuaian
Oleh karena itu bahan ajar yang baik memiliki keseimbangan kompetensi yang dapat dikelola dengan cakupan isi, kedalaman pembahasan dan pengetahuan pembaca.

3. Komunikatif
Komunikatif artinya isi buku mudah dicerna pembaca, sistematis dan jelas, serta tidak mengandung kesalahan kebahasaan.

4. Lengkap dan sistematis
bahan ajar yang baik menyebutkan keterampilan yang perlu dikuasai pembaca, menonjolkan manfaat menguasai keterampilan dalam kaitannya dengan kehidupan pembaca, menyajikan daftar isi dan daftar pustaka.

 

5. Berorientasi pada peserta didik
Bahan ajar yang dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, interaksi siswa, dan sumber belajar yang dapat mendorong siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, mendorong siswa untuk belajar dalam kelompok, dan mendorong siswa untuk berlatih membaca.

Manfaat perangkat ajar bagi guru

Dengan perangkat ajar ini bukan berarti menggantikan fungsi guru dalam proses pendidikan, guru akan tetap bertanggung jawab dalam proses pendidikan berkelanjutan, tetapi dengan perangkat pedagogik ini maka beban kerja guru akan berkurang jika guru dapat menggunakan alat-alat tersebut. untuk latihan. Selain itu, guru dapat lebih jelas menunjukkan kemajuan dan keterlambatan dalam praktiknya

Manfaat perangkat ajar bagi peserta didik

 Fungsi dan manfaat perangkat ajar bagi peserta didik, peralatan mengajar memiliki manfaat yang besar, meliputi;
1. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih belajar dengan kecepatan dan kemampuan mereka sendiri.
2. Peserta didik dapat langsung mengakses untuk mencari informasi yang ingin diketahuinya.
3. Peserta didik akan lebih aktif dalam proses praktek.
4. Dengan menggunakan komputer, para peserta didik ini dapat dimotivasi oleh umpan balik yang cepat.

  Jenis perangkat ajar yang sering digunakan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut:

Bahan Ajar

Bahan ajar ini berisi materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun non cetak (audio dan video). Membantu pemahaman yang lebih komprehensif untuk suatu topik bahasan pada suatu mata pelajaran.

Modul Ajar

Dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran.

Modul ajar dapat berupa sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan menarik. Adanya modul ajar ini guna untuk mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.

Modul Projek

Dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dirancang dengan konsep pembelajaran berbasis projek, yang mana murid bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya, sebagai proses penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila. Modul projek ini bertujuan untuk menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui tema-tema strategis bersifat lintas disiplin, yang ditentukan oleh Kemendikbud Ristek









Sumber : Diklat "Persiapan Guru Menyambut Semester Baru Tahun 2023”