Jumat, 01 Juli 2022

Pemanfaatan Media Belajar Sebagai Inovasi Guru

 

Media belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar

Keterlibatan siswa di dalam kelas menjadi suatu masalah terbesar dalam dunia pendidikan. Ruang kelas biasa, dirasa cukup sulit untuk membuat siswa tetap fokus dengan materi yang diberikan. Hal ini dikarenakan pengajar tidak mengetahui apa yang sebenarnya membuat siswa tetap tertarik dengan kelas. Salah satu solusinya dengan memanfaatkan media
Ketika siswa terdistraksi, ia pun tidak bisa mengulang kembali materi yang terlewat. Dengan inovasi berupa media, siswa dapat belajar dari manapun asal terkoneksi dengan internet ataupun tidak terkoneksi. Siswa juga dapat bebas bertanya tanpa harus merasa malu dengan teman-teman di kelas

Manfaat Media Pembelajaran

1)     Mengajar akan menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar

2)     Makna materi pelajaran akan lebih jelas sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa siswa, dan memungkinkan siswa untuk lebih menguasai tujuan pembelajaran

3)     Metode pengajaran akan lebih bervariasi, tidak hanya narasi verbal melalui kata-kata guru. Agar siswa tidak bosan, dan guru jangan sampai kehabisan tenaga apalagi saat guru mengajar setiap pelajaran

4)     Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, karena tidak hanya mendengarkan deskripsi guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan

 

Macam-Macam Media Pembelajaran

a.       Media audio

bahan/alat yang mengandung pesan dalam bentuk auditif, yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar – mengajar

Kelebihan

-          Jangkauannya sangat luas.

-          Baik untuk mengembangkan imajinasi peserta didik.

-          Peserta didik lebih memusatkan perhatian terhadap kata, kalimat, atau musik, sehingga sangat cocok digunakan untuk pengajaran bahasa.

Kekurangan

-          Sifat komunikasinya hanya satu arah.

-          Jika medianya monoton akan lebih cepat membosankan peserta didik untuk mendengarkannya.

Aplikasi yang bisa digunakan



b.      Media audio visual

media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan visual (melihat)

Kelebihan

-Dapat menarik perhatian untuk periodeperiode yang singkat dari rangsangan
lainnya.
-Dengan audio visual sejumlah besar peserta didik dapat memperoleh informasi dari ahliahli/ spesialis.
-Demonstrasi yang sulit bisa dipersiapkan dan direkam sebelumnya, sehingga dalam
waktu mengajar guru dapat memusatkan perhatian dan penyajiannya.

Kekurangan

-          Perhatian penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktekkan.

-          Sifat komunikasinya yang bersifat satu arah haruslah diimbangi dengan
pencarian bentuk umpan balik yang lain.

-          Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna

Aplikasi yang bisa digunakan

 


Tips Pemilihan Media Pembelajaran

1.      Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

2.      Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip,
atau generalisasi.

3.      Media pembelajaran harus praktis, luwes, dan bertahan.

Guru terampil menggunakannya.
Media pembelajaran dibuat dengan menyesuaikan kelompok sasaran. karena
media untuk kelompok besar belum tentu cocok digunakan untuk kelompok
kecil.
Mutu teknis. Kualitas visual dari media harus jelas dan rapi, tidak boleh
terganggu oleh elemen lainnya misalnya dalam backsound, background, dll

 sumber : Workshop Pemanfaatan Ragam Media Belajar untuk Ciptakan Guru Inovatif

1.