Sabtu, 18 Juni 2022

Berlatih Belajar Bermain Bagi Anak, dengan Gamifikasi

 Salah satu cara untuk membangkitkan minat belajar, mendorong rasa ingin tahu dengan penyajian yang menarik di era saat ini adalah dengan menerapkan metode Gamifikasi supaya pembelajaran menjadi lebih asyik untuk di ikuti oleh siswa

Gamifikasi adalah metode atau pendekatan pembelajaran menggunakan elemen-elemen di dalam game dengan tujuan meningkatkan motivasi dan engagement siswa dalam mengikuti proses pembelajaran 

Langkah Penerapan gamifikasi :
1. Kenali tujuan pembelajaran
2. Tentukan ide besarnya
3. Buat skenario permainan
4. Buat desain aktivitas pembelajaran
5. Bangun kelompok-kelompok
6. Terapkan dinamika permainan

Elemen Gamifikasi

1.      -Badges/ Lencana

2.     - Levels

3.      -Leaderboard

4.      -Progres bar

5.     - Virtual Currency

6.      -Award/ gift

7.     - Challenges between users

Manfaat Gamifikasi

a.       Belajar jadi lebih menyenangkan

b.      Membantu siswa lebih fokus dan memahami materi yangsedang di pelajari

c.       Mendorong siswa untuk menyelesaikan aktivitas pembelajaran nya

d.      Memberi kesempatan siswa untuk berkompetisi,bereksplorasi dan berprestasi dalam kelas.            Contoh Platform Gamifikasi




Penerapan Aplikasi Gamifikasi di kelas
Kooperatif learning
Meningkatkan motivasi dan dorongan berpretasi siswa. Dapat dilakukan
dengan membagi siswa dalam kelompok (4-6 orang). Diiminta untuk
saling membantu dalam belajar kelompok. Siswa di berikan poin atau
reward atas hasil atau prestasi yang di raih.

Jigsaw
siswa di bagi ke dalam beberapa kelompok, selanjut tiap perwakilan kelompok mempelajari hal sama kemudian di satukan lagi dengan kelompok untuk sharing
Group Investigation
Siswa di bagi ke dalam kelompok dan diberikan tugas/ proyek kelas yang kemudian di presentasikan bersama
STAD (Student Team Achievement DIvision)
SIswa di bagi kelompok lalu di buat Leaderboar berdasarkan pengerjaan tugas atau kuis di bandingkan setiap minggu nya. Sejauh apa siswa berprogres dari minggu ke minggu

Semoga bermanfaat...

Sumber Seminar Dengan Gamifikasi Untuk Menumbuhkan Pemikiran Komputasi




C