Belajar adalah suatu
proses atau usaha yang dilakukan oleh setiap individu
untuk mendapatkan suatu perubahan
didalam kehidupannya baik tingkah laku, pengetahuan, sikap,
keterampilan, pola atau daya pikir, nilai kehidupan, dan
berbagai kemampuan lainnya yang diperlukan didalam
kehidupan.
Game adalah sesuatu
yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu
sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak
serius atau dengan tujuan hiburan
Game sebagai media pembelajaran bukanlah
sebuah konsep baru, konsep ini muncul seiring dengan munculnya berbagai macam
game (permainan), baik itu game tradisional maupun game digital. Akibatnya
secara spesifik muncul istilah game edukasi, yaitu game yang secara khusus
memiliki muatan pembelajaran dan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan
pemainnya dalam mempelajari suatu materi. Game mampu memancing minat belajar
pemainnya, sehingga menghasilkan pengalaman baru seperti perasaan senang yang
pada akhirnya materi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan mudah oleh
pemain game.
Berbagai penelitian telah membuktikan efektifitas game dalam mempengaruhi
pemainnya. Muatan atau konten yang berada di dalam game, dengan mudah dipahami oleh
pemain hal ini dikarenakan interaktifitas yang ada dalam game, sekaligus imersi
yang diberikan oleh game menjadikan pemain dalam kondisi yang paling rileks dan
terbuka dalam menerima materi. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa pengembang
game untuk mempengaruhi pemain, dalam artian positif maupun negatif.
Kecepatan game dalam mempengaruhi pemain ini sangat terkait dengan
perkembangan siswa didik di era teknologi seperti ini
Penggunaan
game dalam pembelajaran dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih santai dan
dapat merangsang siswa untuk belajar lebih aktif dalam
memecahkan masalah (Ariesto, 2012)
Manfaat game untuk pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan efektif
▪ Siswa menjadi lebih aktif
▪ Mengurangi kejenuhan
▪
Membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.
▪ Meningkatkan kemampuan komunikasi dan Kerjasama siswa.
▪ Menumbuhkan daya saing positif antar siswa khususnya dalam ranah kognitif terhadap pembelajaran dan sikap sportivitas
Penggunaan game dalam pembelajaran dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih santai dan dapat merangsang siswa untuk belajar lebih aktif dalam memecahkan masalah (Ariesto, 2012)
Banyak game online yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran diantaranya adalah Kahoot, Quizizz, wordwall ataupun Puzzle Maker
Untuk membuat teka-teki silang secara manual memang
terasa sangat sulit dan lama. Cara cepat untuk membuat games teka teki silang
untuk di kelas adalah dengan software aplikasi puzzle maker. Aplikasi ini kita
tidak perlu diinstall terlebih dahulu sehingga tidak membebani memori laptop
kita.
Cara membuat Teka Teki Silang dengan menggunakan Puzzle
Maker
1. Ketikan di laman
Google puzzle maker
2. Pilih Welcome to
Discovery Education’s Puzzlemaker Create
3. Pilih jenis teka-teki yang akan kita buat
Misalkan kita akan membuat Math Squares Puzzle
Langkah-langkahnya....
1 isikan judul teka-teki silang
2. Isikan ukuran kotak
matematika
3. Isikan beberapa angka
4. Pilih operator matematika yang ingin digunakan.
Nah cukup menarik kan....