Selasa, 15 Desember 2020

BELAJAR MENGGUNAKAN JAMBOARD

 Tidak hanya ketika pandemi covid-19, dalam kondisi normal pun kolaborasi lebih mudah ketika bisa dilaksanakan dalam kondisi di manapun dan kapanpun. Ketika sebuah ide muncul, bisa segera ditulis di papan tulis daring dan semua team bisa melihat dan mengomentari kapanpun dan dimanapun. Atau dalam kegiatan belajar mengajar, guru bisa menaruh tugas atau evaluasi di papan tulis daring dan siswa bisa berdiskusi dari rumah. Papan tulis juga sebagai kanvas digital tanpa batas bentuk bebas yang menyatukan gagasan, konten, dan semua orang. kolaborasi di mana saja secara real-time. Papan tulis digital juga bisa berfungsi sebagai tempat mengumpulkan atau mempresentasikan tugas siswa yang bisa di komentari oleh seluruh kelas.

Untuk berkolaborasi secara online saat ini di mudahkan dengan berbagai macam aplikasi yang bisa di gunakan secara gratis.

  • Microsoft Whiteboard, kanvas digital tanpa batas bentuk bebas yang menyatukan gagasan, konten, dan semua orang
  • Padlet
  • Google Jamboard

Awalnya Jamboard adalah papan tulis interaktif yang dikembangkan oleh Google, sebagai bagian dari keluarga G Suite. Secara resmi diumumkan pada 25 Oktober 2016. jamboard memiliki layar touchscreen 55″ 4K, dan memiliki kompatibilitas untuk kolaborasi online melalui dukungan cross-platform.

Dengan google jamboard  yang didukung oleh Google Cloud menjadikan proses belajar mengajar lebih menarik dan tentu juga meningkatkan kolaborasi dan keterlibatan siswa. Siswa yang menggunakan tablet dapat mengakses serangkaian fitur pengeditan untuk berkolaborasi dengan sesama siswa atau pengajar. Begitu juga dengan siswa atau pengajar yang menggunakan komputer baik personal komputer ataupun notebook.

Kelebihan dari google jamboard yang lain adalah terintegrasinya dengan aplikasi google lainnya yang membuat penggunaannya bisa lebih mudah.

Memulai Google Jamboard

 google jamboard bisa di akses melalui laman https://jamboard.google.com/ kemudian login menggunakan akun google atau bisa juga dari google drive, klik tombol +baru – lainnya – google jamboard

Setelah terbuka tampilan google jamboar seperti ini

Keterangan tombol

Pena, untuk membuat coretan bebas, bisa di ganti dengan spidol, stabilo atau kuas.

Penghapus, untuk menghapus perubhan yang di buat

Pilih, untuk merubah fungsi mouse kembali ke pilih

Sticky Note, untuk menambahkan sticky note

Tambah Gambar, untuk menambahkan gambar baik dari upload komputer maupun dari pencarian google atau url.

Shape Lingkaran, untuk memasukan bentuk lingkaran atau pilihan bentuk lainnya

Kotak Teks, untuk memasukan teks

Laser, hampir sama dengan pena tetapi hasil coretannya tidak tersimpan

Latar belakang bisa di ruah sesuai dengan pilihan yang ada dengan cara klik tombol Latar Belakang

Silahkan disimak ya

Semoga bemanfaat..