Padlet adalah perangkat yang netral, karena
berfungsi di semua perangkat yang mendukung internet, termasuk: PC, laptop,
tablet, smartphone. Ini berarti dapat bekerja dengan mudah di sekolah mana
pun yang memanfaatkan beragam perangkat.
Dan tidak ada perangkat
lunak atau aplikasi yang perlu diunduh atau dipasang, sehingga bisa digunakan
langsung oleh siapa saja yang memiliki akses internet..
Padlet merupakan suatu
aplikasi dimana siswa dapat berkolaborasi dan berbagi apa yang mereka tulis dan
sampaikan. Siswa dapat memposting video, gambar, dan tulisan terkait tema.
Catatan atau penugasan oleh guru dapat berisi tautan, video, gambar, dan file
dokumen. dan siswa dapat juga mengupload kembali pekerjaan yang sudah
selesai ke alamat link yang sama.
Padlet dapat digunakan
oleh siswa dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang
diposting oleh guru dan siswa dapat berisi tautan, video, gambar, dan file
dokumen
Kolaborasi yang
dilakukan tidak hanya terbatas antara guru dengan siswa, namun juga dapat
digunakan oleh sesama guru untuk melakukan banyak hal, seperti brainstorming,
mapping, maupun pembuatan roadmap
Ketika Anda mendaftar
dengan Padlet, Anda dapat membuat banyak "dinding" atau papan atau
halaman tulisan online sesuka Anda. Dinding-dinding ini dapat diatur untuk
pribadi atau publik, dengan masing-masing dinding memiliki pengaturan privasi
terpisah.
Ini bisa memfasilitasi
kolaborasi guru pada setiap mata pelajaran, yang tidak dapat diakses oleh
siswa. Dinding pribadi dapat dibuat dengan mendaftarkan akun terlebih dulu
untuk mengaksesnya. Sebagai pemilik dinding, guru dapat memoderasi semua
catatan sebelum mereka muncul dan pengaturan privasi dapat disesuaikan setiap
saat.
Pengguna tidak perlu
mendaftar untuk menggunakan Padlet ini, meskipun disarankan agar guru
menggunakannya. Guru juga dapat memilih untuk mengatur pemberitahuan untuk
menerima email setiap kali seorang siswa mengirim tugas atau materi review
tertentu ke dinding guru.
Langkah-langkah membuat
akun Padlet
Cara membuat akun padlet
sangatlah mudah, kita hanya perlu berkunjung ke alamat website padlet. Kemudian
klik daftar yang tertera pada muka halaman. Selanjutnya akan muncul pilihan
mendaftar dengan google dan atau dengan facebook. Jika Anda daftar dengan google,
maka sebelumnya Anda sudah memiliki akun G+ dan email (gmail@com), lalu klik
ikon daftar yang terdapat pada pojok kanan bawah.
Setelah Anda berhasil daftar, selanjutnya Anda akan berada di halaman dashboard padlet. Berarti Anda sudah siap untuk membuat sebuah padlet (make a padlet). Pada membuat padlet jangan lupa berikan judul atau title dan subtitle padlet. Sehingga nanti akan mudah bagi guru/dosen dan siswa mengenali pokok bahasan spesifik yang akan dipelajari atau dikerjakan.Silakan di coba ya.
Semoga bermanfaat...
Penerapan
aplikasi padlet dalam pembelajaran Matematika dapat dilakukan
melalui metode problem based learning dengan tahapan sebagai
berikut:
CreativityThinking and
Innovation
Pada tahap ini, siswa
mengamati dan mencatat hal-hal penting yang telah ditugaskan oleh guru selama
satu minggu sebelumnya tentang, materi persamaan
garis lurus dalam bentuk tulisan, gambar/foto dan video dirumah masing-masing.
Organization
Siswa membagi
peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru.
siswa secara individu atau kelompok dapat menyampaikan rumusan hipotesisnya.
Critical Thinking and
Problem Solving
Siswa
mulai mencari dan mengumpulkan data dan informasi secara berkelompok
terkait persamaan garis lurus dari berbagi referensi atau sumber lain, untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah. Guru dapat mendorong dan merekomendasikan
sumber bacaan secara online.
Collaboration
Masing-masing kelompok berdiskusi untuk
menghasilkan solusi pemecahan melalui media whatshapp. Guru
mulai menerapkan aplikasi padlet yang hasilnya siswa diminta
membuat karya berupa video dengan dibubuhkan teks dan rekaman suara tentang
materi persamaan garis lurus dirumah. Guru membantu merencanakan, menyiapkan
dan menyajikan hasil karya.Guru membantu, memantau dan menjadi fasilitator dari
kegiatan selama melakukan diskusi kelompok.
Communication
Guru meminta siswa
melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah dibuat kepada
teman-temannya dengan cara mengupload hasil karya ke alamat link padlet.
Guru melakukan refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan,
dan membimbing siswa membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran.
Di akhir pembelajaran
siswa diminta untuk menuliskan apa yang dipahami tentang materi yang diajarkan
dan guru menayangkannya di layar lebar. Responnya sungguh positif. Siswa tampak
senang sekali saat melihat nama dan tulisannya terpampang, meski dengan isi
yang tidak nyambung sekalipun. Dan satu lagi siswa bisa memberi tanda love punya
teman yang lain, dan itulah yang jadikan siswa tambah senang.
Untuk berbagi ke teman
yang lain, siswa dapat memposting hasil karya video yang dibubuhi teks dan
rekaman suara tersebut ke link yang telah dibuat di
laman padlet.com atau whatshapp guru dan
karyawan sekolah atau pihak lain.