MANTUL
Apakah kamu sering merasa bosan jika belajar di rumah? Jangan khawatir! Agar kegiatan belajarmu di rumah lebih maksimal, ikutilah tips MANTUL
Apakah kamu sering merasa bosan jika belajar di rumah? Jangan khawatir! Agar kegiatan belajarmu di rumah lebih maksimal, ikutilah tips MANTUL
MANTUL Singkatan dari
Motivasi Diri
meNgerjakan tugas dan hoby
Atur Waktu, meNgerjakan Tugas dan Hobi
Tanya Orang
Ulang Materinya Lagi
Lanjutkan dan Perbaiki
Motivasi Diri
meNgerjakan tugas dan hoby
Atur Waktu, meNgerjakan Tugas dan Hobi
Tanya Orang
Ulang Materinya Lagi
Lanjutkan dan Perbaiki
Ciptakan motivasi
untuk belajar dengan cara berikut.
Buat perjanjian dengan
diri sendiri kalau kamu baru bisa melakukan aktivitas favoritmu (seperti nonton
atau main game) setelah semua target belajar tercapai!
Tulis dan pajang
pepatah motivasi favorit kamu di dekat meja belajar! Kamu juga bisa minta
bantuan dari keluarga atau teman-temanmu untuk mengingatkan kamu.
Pergunakan waktu
belajarmu dengan efektif dengan teknik Pomodoro berikut.
Tentukan target harian
dan jam belajar kamu setiap paginya! Buat daftar tugas (to-do list)
dan komunikasikan jadwal belajar kamu kepada keluarga atau temanmu supaya bisa
ikut memonitor dan membantu kamu.
Mulailah bekerja
dengan mengikuti teknik mengatur waktu Pomodoro berikut:
- Buat daftar tugas yang harus
dikerjakan.
- Kerjakan tugas selama 25 menit
- Centang daftar tugas yang sudah
terlaksana
- Istirahatlah selama 5 menit
- Kembali bekerja selama 25 menit
+ 5 menit istirahat. Ini adalah satu kegiatan Pomodoro.
- Setelah melaksanakan teknik 4
Pomodoro, lakukan istirahat panjang (30 menit).
meNgerjakan Tugas dan Hobi
kerjakan tugasmu dengan
membaca instruksi dari
guru. Jika belum mengerti, bertanyalah kepada guru
atau teman kamu melalui WhatsApp/LINE, SMS,
atau
telepon!
Untuk pembelajaran daring, pastikan kamu sudah
menyiapkan HP atau laptop, koneksi internet yang
stabil, kuota yang cukup, serta aplikasi yang akan
digunakan.
Untuk pembelajaran berbasis proyek, pastikan alat dan
bahannya sudah tersedia di rumahmu.
Jika ada kendala, langsung laporkan ke orangtua, guru,
atau komunikasikan kepada teman.
Setelah selesai, laporkan atau kirimkan hasil kerjamu
kepada guru dan orangtuamu.
Supaya tidak bosan, setelah mengerjakan tugas sekolah,
kamu bisa menyegarkan diri dengan berolahraga,
memasak, atau melakukan aktivitas favoritmu!
Tanya Orang lain(Sumber
Lain)
Meskipun tidak bertemu langsung, bukan berarti
kamu tidak berinteraksi dengan orang lain.
Kamu bisa tetap berkomunikasi denganorang-orang
terdekatmu untuk membantu
proses belajarmu dan memastikan kamu tahu apa yang terjadi di sekelilingmu.
• Orangtua – diskusi tentang menyiapkan alat proyek atau isu-isu terkini
• Guru – bertanya tentang tugas atau meminta masukan atas hasil tugas yang dikerjakan
• Teman-teman
sekelas – saling memberi kabar, berdiskusi tentang tugas, dan isu-isu terkini
• Website
sumber belajar dan platform berita –
mencari referensi tugas dan membaca berita-berita terkini
Ulang Materinya Lagi
Mengerjakan tugas saja kadang tidak cukup
untuk memahami materi pembelajaran. Cara
berikut bisa kamu coba untuk benar-benar
memahami pelajaran:
A Nonton video-video pembelajaran online
B Diskusikan materi
yang dipelajari dengan
teman-teman kamu di grup WA
C Buat rangkuman atau
peta konsep
(mind map) materi tersebut yang dapat
membantu kamu mengulang kembali
materi tersebut di masa depan
DKerjakan
soal-soal tambahan kalau kamu
butuh tantangan lebih.
meNgerjakan Tugas dan Hobi
guru. Jika belum mengerti, bertanyalah kepada guru
atau teman kamu melalui WhatsApp/LINE, SMS, atau
telepon!
Untuk pembelajaran daring, pastikan kamu sudah
menyiapkan HP atau laptop, koneksi internet yang
stabil, kuota yang cukup, serta aplikasi yang akan
digunakan.
Untuk pembelajaran berbasis proyek, pastikan alat dan
bahannya sudah tersedia di rumahmu.
Jika ada kendala, langsung laporkan ke orangtua, guru,
atau komunikasikan kepada teman.
Setelah selesai, laporkan atau kirimkan hasil kerjamu
kepada guru dan orangtuamu.
Supaya tidak bosan, setelah mengerjakan tugas sekolah,
kamu bisa menyegarkan diri dengan berolahraga,
memasak, atau melakukan aktivitas favoritmu!
Meskipun tidak bertemu langsung, bukan berarti kamu tidak berinteraksi dengan orang lain.
Kamu bisa tetap berkomunikasi denganorang-orang terdekatmu untuk membantu
proses belajarmu dan memastikan kamu tahu apa yang terjadi di sekelilingmu.
• Orangtua – diskusi tentang menyiapkan alat proyek atau isu-isu terkini
• Guru – bertanya tentang tugas atau meminta masukan atas hasil tugas yang dikerjakan
• Teman-teman sekelas – saling memberi kabar, berdiskusi tentang tugas, dan isu-isu terkini
• Website sumber belajar dan platform berita –
mencari referensi tugas dan membaca berita-berita terkini
Ulang Materinya Lagi
Mengerjakan tugas saja kadang tidak cukup
untuk memahami materi pembelajaran. Cara
berikut bisa kamu coba untuk benar-benar
memahami pelajaran:
A Nonton video-video pembelajaran online
B Diskusikan materi
yang dipelajari dengan
teman-teman kamu di grup WA
teman-teman kamu di grup WA
C Buat rangkuman atau
peta konsep
(mind map) materi tersebut yang dapat
membantu kamu mengulang kembali
materi tersebut di masa depan
DKerjakan
soal-soal tambahan kalau kamu(mind map) materi tersebut yang dapat
membantu kamu mengulang kembali
materi tersebut di masa depan
butuh tantangan lebih.
Lanjutkan dan Perbaiki
Setelah mencoba strategi belajar ini, renungkan
kembali apakah pola ini berhasil untukmu.
Jika sudah berhasil, bagaimana supaya lebih
optimal?
Contoh: ”Aku dan temanku sudah saling
mengingatkan untuk mengerjakan tugas, tapi
supaya lebih efektif, kita akan janjian
mengerjakan PR Matematika pukul 10 pagi besok
dari rumah masing-masing agar lebih mudah
diskusinya.”
Jika belum berhasil, kira-kira faktor apa yang
menjadi alasannya? Bagaimana cara
memperbaikinya?
Contoh: ”Aku sudah menetapkan target
membaca 3 bab buku hari ini, tapi aku malah
bosan dan ketiduran. Supaya aku tidak bosan,
aku mau menyediakan camilan untuk menemani
membaca.
Sumber TANOTO FOUNDATION
Setelah mencoba strategi belajar ini, renungkan
kembali apakah pola ini berhasil untukmu.
Jika sudah berhasil, bagaimana supaya lebih
optimal?
Contoh: ”Aku dan temanku sudah saling
mengingatkan untuk mengerjakan tugas, tapi
supaya lebih efektif, kita akan janjian
mengerjakan PR Matematika pukul 10 pagi besok
dari rumah masing-masing agar lebih mudah
diskusinya.”
Jika belum berhasil, kira-kira faktor apa yang
menjadi alasannya? Bagaimana cara
memperbaikinya?
Contoh: ”Aku sudah menetapkan target
membaca 3 bab buku hari ini, tapi aku malah
bosan dan ketiduran. Supaya aku tidak bosan,
aku mau menyediakan camilan untuk menemani
membaca.
Sumber TANOTO FOUNDATION