Kegiatan dilaksanakan tanggal 28 Oktober s/d 4 Novel
2019 bertempat di Grand Pasundan Convention Hotel
Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mampu:
1.
Memfasilitasi materi pembekalan Instruktur berupa konsep Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
(PKP) Berbasis Zonasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order
Thinking Skills/HOTS), Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), Pengembangan
Pembelajaran, Penilaian dan Praktik Pembelajaran berorientasi Higher Order
Thinking Skills (HOTS), serta strategi fasilitasi kegiatan Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi,
Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), Pengembangan
Pembelajaran, Penilaian dan Praktik Pembelajaran berorientasi Higher Order
Thinking Skills (HOTS), serta strategi fasilitasi kegiatan Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi,
2.
Memfasilitasi transfer knowledge baik teori maupun praktik
pembelajaranberorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang
terintegrasi 5 (lima) unsur Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi,
3.
Memfasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
Berbasis Zonasi sesuai dengan skenario pembelajaran
MATERI YANG
DIBERIKAN:
A.
Kebijakan Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi.
Materi ini membahas
tentang kebijakan pendidikan tentang pedoman dan juknis pelaksanaan Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi
B.
Integrasi PPK dan GLN dalam pembelajaran Berbasis HOTS
Materi ini membahas
tentang integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan
Gerakan Literasi Nasional (GLN) dalam kegiatan pembelajaran berorientasi HOTS. Nilai utama PPK yang harus terintegrasi yaitu religiositas, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
Gerakan Literasi Nasional (GLN) dalam kegiatan pembelajaran berorientasi HOTS. Nilai utama PPK yang harus terintegrasi yaitu religiositas, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
C.
. Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS.
Materi ini membahas tentang pengertian HOTS, karakteristik, aspek, dimensi pengetahuan dan dimensi konsep berpikir, serta mengkaji materi pada unit pembelajaran. Kegiatan ini dilengkapi diskusi terbimbing dengan mencermati video pembelajaran sebagai sumber dalam pembelajaran berorientasi HOTS.
Materi ini membahas tentang pengertian HOTS, karakteristik, aspek, dimensi pengetahuan dan dimensi konsep berpikir, serta mengkaji materi pada unit pembelajaran. Kegiatan ini dilengkapi diskusi terbimbing dengan mencermati video pembelajaran sebagai sumber dalam pembelajaran berorientasi HOTS.
D. Pengembangan Pembelajaran
Berorientasi HOTS.
Materi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran yang melibatkan
aktifitas
[H1] peserta didik dengan menggunakan model-model pembelajaran dalam
mencapai kecakapan abad 21.
[H1] peserta didik dengan menggunakan model-model pembelajaran dalam
mencapai kecakapan abad 21.
E.
Penilaian Berorientasi HOTS.
Materi ini membahas tentang pengembangan
penyusunan penilaian pengetahuan dalam pembelajaran berorientasi HOTS.
F.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Materi ini, peserta
mereview bahan pembelajaran dari Unit Materi Pembelajaran dan
mengembangkan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
berorientasi HOTS.
mengembangkan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
berorientasi HOTS.
G.
Praktik Pembelajaran HOTS dalam bentuk Peer Teaching.
Pada materi ini,
peserta melakukan Peer Teaching Pembelajaran HOTS berdasarkan
RPP yang telah disusun.
RPP yang telah disusun.
H.
Strategi Fasilitasi.
Materi ini membahas
tentang strategi fasilitasi pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi.
I.
Pengenalan Kelas Pendampingan Online.
Pada materi ini
peserta masuk ke kelas pendampingan online dan melakukan aktivitas pembelajaran
berupa latihan pendampingan online pada sesi latihan.
J.
Rencana Tindak Lanjut.
Materi ini membahas
tentang penyusunan rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh peserta
setelah mengikuti kegiatan pembekalan.
Dan jangan lupakanTes Awal
dan Tes Akhir. tes awal untuk melihat kemampuan awal peserta sebelum
mengikuti pembekalan dan melakukan tes akhir untuk melihat kemampuan peserta
setelah mengikuti pembekalan.
Fasilitator : Ibu Tina Agustina, dan Ibu Estina Ekawati
Berfoto seteleah peer teaching
Berfoto setelah selesai kegiatan
Berfoto dengan sesama peserta Kota Bandung dan fasilitator
Penutupan