Sabtu, 16 Agustus 2025

Perhatian Siswa

 Perhatian adalah kemampuan untuk fokus dan mengarahkan pikiran kita pada satu hal tertentu.

Ini memungkinkan kita untuk memproses informasi, belajar, atau menyelesaikan tugas secara efektif.


Apa yang Terjadi dalam Pikiran Siswa Saat Memberikan Perhatian:

-Prefrontal cortex mulai mengalokasikan sumber daya mental untuk memproses pembelajaran.

-Informasi baru “ditampung” di memori sementara. Di sini, informasi diolah, dihubungkan dengan pengetahuan lama, atau dipahami maknanya.

-Saat fokus terjaga, sinaps-sinaps baru terbentuk, yang membuat informasi, kebiasaan, keterampilan, kemungkinan pindah ke memori jangka panjang


Alasan Siswa Bersedia atau Memilih untuk Memberikan Perhatiannya pada Pembelajaran:

 

1. Materi yang Menarik dan Relevan

2. Ketidakteraturan dan Kejutan

3. Rasa Penasaran yang Terbangun

4. Visual yang Menarik dan Interaktif

5. Tantangan yang Memicu Semangat

6. Penghargaan atas Pencapaian

 

Menarik Perhatian di Awal Pembelajaran

ü Membuat Koneksi dengan Kehidupan Siswa

ü Cerita Menarik (Storytelling)

ü Tunjukkan Fakta atau Statistik Menarik

ü Gunakan Visual yang Mencolok

ü Aktivitas Pemanasan atau Ice Breaker

ü Membaca Doa

ü Memantik Rasa Penasaran

ü Menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang Jelas

ü Membahas Pengetahuan Sebelumnya

ü Ajak Siswa untuk Mempersiapkan Diri

Menarik Perhatian di Tengah Pembelajaran

ü Memanggil Nama Siswa

ü Menanyakan Pendapat atau Opini

ü Menanyakan Kepahaman

ü Menatap Mata Siswa

ü Aktivitas Ice Breaker

ü Menggunakan Alat Peraga atau Demonstrasi

ü Berikan Tantangan atau Target

ü Memberikan Tujuan Pembelajaran yang Jelas

ü Ajak Siswa untuk Fokus Kembali