Jumat, 01 Agustus 2025

Muatan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Matematika SMP/MTs/sederajat

 Tes Kemampuan Akademik (TKA) Matematika SMP/MTs/sederajat mengukur kemampuan matematis sebagai berikut:

● pengetahuan matematika,

● representasi matematis,

● penalaran dan penggunaan logika matematis,

● pemecahan masalah matematis, dan

● koneksi matematis.

 

Kemampuan matematis diukur pada tiga level kognitif, yaitu Pengetahuan dan Pemahaman (Knowing and Understanding), Aplikasi (Applying), dan Penalaran (Reasoning). Kemampuan matematis dalam setiap cakupan sub-elemen memungkinkan diukur dalam satu atau beberapa level kognitif.

 

1. Bilangan

Bilangan Real

Bilangan mencakup bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan berpangkat bulat, bilangan akar, dan bilangan dalam notasi ilmiah

Kompetensi

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

● Perbandingan dan sifat-sifat bilangan;

● Operasi aritmetika pada bilangan;

● Estimasi/ perkiraan hasil perhitungan;

● Faktorisasi prima bilangan asli;

● Rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan);

● Perbandinganmsenilai dan berbalik nilai.

 

 

 

2. Aljabar

Persamaan dan Pertidaksamaan Linier

Kompetensi

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

● Persamaan linear satu variabel;

● Pertidaksamaan linear satu variabel;

● Sistem persamaan linear dua variabel

 

 

Bentuk Aljabar

Kompetensi

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan

Bentuk aljabar dan sifat-sifat operasinya (komutatif, asosiatif, dan distributif).

 

 

Fungsi

Kompetensi

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

Relasi dan fungsi (domain, kodomain, range), serta penyajiannya.

Barisan dan Deret

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

● Barisan berhingga bilangan;

● Deret berhingga bilangan.

 


3. Geometri dan Pengukuran

Objek Geometri

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan

● Hubungan antar- sudut yang terbentuk oleh dua garis  yang berpotongan, dan oleh dua garis sejaja yang dipotong suatu garis transversal (termasuk penentuan besar sudut dalam segitiga);

● Teorema Pythagoras.

● Kekongruenan dan kesebangunan bangun datar;

● Jaring-jaring bangun ruang (prisma, tabung, limas dan kerucut).

 

Transformasi Geometri

 

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan

Transformasi tunggal (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) terhadap titik,  garis, dan bangun datar pada bidang

 

 

Pengukuran

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan

● Keliling dan luas bangun datar (daerah segi banyak  dan daerah lingkaran, serta daerah gabungannya);

● Volume bangun ruang (prisma, limas, dan bola)


4. Data dan Peluang

Data

Kompetensi

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan

● Perumusan pertanyaan untuk mendapatkan data, serta penyajian,dan peginterpretasian data;

● Penentuan dan penaksiran rerata(mean), median, modus, danjangkauan (range) dari data;

● Perbandingan ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran beberapa

kelompok data.

 

Peluang

 

Memahami, mengaplikasikan dan bernalat yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan peluang dan frekuensi relatif dari kejadian tunggal