Tes Kemampuan Akademik (TKA) Matematika SMP/MTs/sederajat mengukur kemampuan matematis sebagai berikut:
● pengetahuan matematika,
● representasi matematis,
● penalaran dan penggunaan logika matematis,
● pemecahan masalah matematis, dan
● koneksi matematis.
Kemampuan matematis diukur pada tiga level kognitif, yaitu Pengetahuan dan Pemahaman (Knowing and Understanding), Aplikasi (Applying), dan Penalaran (Reasoning). Kemampuan matematis dalam setiap cakupan sub-elemen memungkinkan diukur dalam satu atau beberapa level kognitif.
1. Bilangan
Bilangan Real
Bilangan mencakup bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan berpangkat bulat, bilangan akar, dan bilangan dalam notasi ilmiah
Kompetensi
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
● Perbandingan dan sifat-sifat bilangan;
● Operasi aritmetika pada bilangan;
● Estimasi/ perkiraan hasil perhitungan;
● Faktorisasi prima bilangan asli;
● Rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan);
● Perbandinganmsenilai dan berbalik nilai.
2. Aljabar
Persamaan dan Pertidaksamaan Linier
Kompetensi
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
● Persamaan linear satu variabel;
● Pertidaksamaan linear satu variabel;
● Sistem persamaan linear dua variabel
Bentuk Aljabar
Kompetensi
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan
Bentuk aljabar dan sifat-sifat operasinya (komutatif, asosiatif, dan distributif).
Fungsi
Kompetensi
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
Relasi dan fungsi (domain, kodomain, range), serta penyajiannya.
Barisan dan Deret
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
● Barisan berhingga bilangan;
● Deret berhingga bilangan.
3. Geometri dan Pengukuran
Objek Geometri
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan
● Hubungan antar- sudut yang terbentuk oleh dua garis yang berpotongan, dan oleh dua garis sejaja yang dipotong suatu garis transversal (termasuk penentuan besar sudut dalam segitiga);
● Teorema Pythagoras.
● Kekongruenan dan kesebangunan bangun datar;
● Jaring-jaring bangun ruang (prisma, tabung, limas dan kerucut).
Transformasi Geometri
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan
Transformasi tunggal (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) terhadap titik, garis, dan bangun datar pada bidang
Pengukuran
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan
● Keliling dan luas bangun datar (daerah segi banyak dan daerah lingkaran, serta daerah gabungannya);
● Volume bangun ruang (prisma, limas, dan bola)
4. Data dan Peluang
Data
Kompetensi
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan
● Perumusan pertanyaan untuk mendapatkan data, serta penyajian,dan peginterpretasian data;
● Penentuan dan penaksiran rerata(mean), median, modus, danjangkauan (range) dari data;
● Perbandingan ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran beberapa
kelompok data.
Peluang
Memahami, mengaplikasikan dan bernalat yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan peluang dan frekuensi relatif dari kejadian tunggal