Kerangka pembelajaran dalam pendekatan deep learning
1. Praktek pedagogis
Contoh:
l Penggunaan model pembelajaran berbasis projek, pembelajaran berbasis masalah, inkuiri, pembelajaran berbasis permainan, pendekatan berbasis genre, pembelajaran berbasis kolaboratif dan lainnya
l Penggunaan berbagai media belajar
l Penyediaan berbagai sumber belajar
2. Kemitraan pembelajaran
Contoh
l Kerjasama pendidik dengan murid dalam perancangan pembelajaran, proses asesmeen, dsb
l Kerjasama pendidik dengan rekan sejawat dalam berbagi praktik baik, perencanaan, refleksi dan evaluasi
l Kerjasama pendidik dengan orangtua untuk mendukung program pembelajaran yang dilakukan di sekolah, seperti melibatkan orangtua menjadi guru tamu
l Kerjasama pendidik dengan pihak luar sekolah seperti dunia kerja, puskesmas dan lembaga lainnya yang terkait dengan pembelajaran
l Kerjasama pendidik dengan universitas untuk memberikan wawasan ruang lingkup pembelajaran dan pekerjaan
3. Lingkungan pembelajaran
Contoh :
l Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman
l Memotivasi murid untuk bereksplorasi, berekspresi dan berkolaborasi
l Penggunaan platform pembelajaran daring/hybrid
l Pemanfaatan lingkungan sekolah maupun sekitar, seperti ruang komputer, perpustakaan, kantin, taman sekolah, fasilitas umum dan lainnya
4. Pemanfaatan teknologi digital
l Pemanfaatan aplikasi atau media digital dalam pembelajaran
l Penggunaan kecerdasan artifisial sebagai alat dukung pembelajaran
l Penggunaan teknologi asistif untuk murid berkebutuhan khusus
l Platform ruang kerja digital dan platfrom pendidikan digital seperti rumah pendidikan, dsb
Kerangka pembelajaran dalam pendekatan deep learning
1. Praktek pedagogis
Contoh:
l Penggunaan model pembelajaran berbasis projek, pembelajaran berbasis masalah, inkuiri, pembelajaran berbasis permainan, pendekatan berbasis genre, pembelajaran berbasis kolaboratif dan lainnya
l Penggunaan berbagai media belajar
l Penyediaan berbagai sumber belajar
2. Kemitraan pembelajaran
Contoh
l Kerjasama pendidik dengan murid dalam perancangan pembelajaran, proses asesmeen, dsb
l Kerjasama pendidik dengan rekan sejawat dalam berbagi praktik baik, perencanaan, refleksi dan evaluasi
l Kerjasama pendidik dengan orangtua untuk mendukung program pembelajaran yang dilakukan di sekolah, seperti melibatkan orangtua menjadi guru tamu
l Kerjasama pendidik dengan pihak luar sekolah seperti dunia kerja, puskesmas dan lembaga lainnya yang terkait dengan pembelajaran
l Kerjasama pendidik dengan universitas untuk memberikan wawasan ruang lingkup pembelajaran dan pekerjaan
3. Lingkungan pembelajaran
Contoh :
l Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman
l Memotivasi murid untuk bereksplorasi, berekspresi dan berkolaborasi
l Penggunaan platform pembelajaran daring/hybrid
l Pemanfaatan lingkungan sekolah maupun sekitar, seperti ruang komputer, perpustakaan, kantin, taman sekolah, fasilitas umum dan lainnya
4. Pemanfaatan teknologi digital
l Pemanfaatan aplikasi atau media digital dalam pembelajaran
l Penggunaan kecerdasan artifisial sebagai alat dukung pembelajaran
l Penggunaan teknologi asistif untuk murid berkebutuhan khusus
l Platform ruang kerja digital dan platfrom pendidikan digital seperti rumah pendidikan, dsb