Sabtu, 26 Juli 2025

Kerangka pembelajaran dalam pendekatan deep learning

 Kerangka pembelajaran dalam  pendekatan deep learning

 

1.  Praktek pedagogis

Contoh:

Penggunaan model pembelajaran berbasis projek, pembelajaran berbasis masalah, inkuiri, pembelajaran berbasis permainan, pendekatan berbasis genre, pembelajaran berbasis kolaboratif dan lainnya

Penggunaan berbagai media belajar

Penyediaan berbagai sumber belajar

 

 

2. Kemitraan pembelajaran

Contoh

Kerjasama pendidik dengan murid dalam perancangan pembelajaran, proses asesmeen, dsb

Kerjasama pendidik dengan rekan sejawat dalam berbagi praktik baik, perencanaan, refleksi dan evaluasi

Kerjasama pendidik dengan orangtua untuk mendukung program pembelajaran yang dilakukan di sekolah, seperti melibatkan orangtua menjadi guru tamu

Kerjasama pendidik dengan pihak luar sekolah seperti dunia kerja, puskesmas dan lembaga lainnya yang terkait dengan pembelajaran

Kerjasama pendidik dengan universitas untuk memberikan wawasan ruang lingkup pembelajaran dan pekerjaan

 

3. Lingkungan pembelajaran

Contoh :

Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman

Memotivasi murid untuk bereksplorasi, berekspresi dan berkolaborasi

Penggunaan platform pembelajaran daring/hybrid

Pemanfaatan lingkungan sekolah maupun sekitar, seperti ruang komputer, perpustakaan, kantin, taman sekolah, fasilitas umum dan lainnya

 

4. Pemanfaatan teknologi digital

 

Pemanfaatan aplikasi atau media digital dalam pembelajaran

Penggunaan kecerdasan artifisial sebagai alat dukung pembelajaran

Penggunaan teknologi asistif untuk murid berkebutuhan khusus

Platform ruang kerja digital dan platfrom pendidikan digital seperti rumah pendidikan, dsb

 

 

 

 

 

 

 

 

 Kerangka pembelajaran dalam  pendekatan deep learning

 

1.  Praktek pedagogis

Contoh:

Penggunaan model pembelajaran berbasis projek, pembelajaran berbasis masalah, inkuiri, pembelajaran berbasis permainan, pendekatan berbasis genre, pembelajaran berbasis kolaboratif dan lainnya

Penggunaan berbagai media belajar

Penyediaan berbagai sumber belajar

2. Kemitraan pembelajaran

Contoh

Kerjasama pendidik dengan murid dalam perancangan pembelajaran, proses asesmeen, dsb

Kerjasama pendidik dengan rekan sejawat dalam berbagi praktik baik, perencanaan, refleksi dan evaluasi

Kerjasama pendidik dengan orangtua untuk mendukung program pembelajaran yang dilakukan di sekolah, seperti melibatkan orangtua menjadi guru tamu

Kerjasama pendidik dengan pihak luar sekolah seperti dunia kerja, puskesmas dan lembaga lainnya yang terkait dengan pembelajaran

Kerjasama pendidik dengan universitas untuk memberikan wawasan ruang lingkup pembelajaran dan pekerjaan

3. Lingkungan pembelajaran

Contoh :

Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman

Memotivasi murid untuk bereksplorasi, berekspresi dan berkolaborasi

Penggunaan platform pembelajaran daring/hybrid

Pemanfaatan lingkungan sekolah maupun sekitar, seperti ruang komputer, perpustakaan, kantin, taman sekolah, fasilitas umum dan lainnya

 

4. Pemanfaatan teknologi digital

 

Pemanfaatan aplikasi atau media digital dalam pembelajaran

Penggunaan kecerdasan artifisial sebagai alat dukung pembelajaran

Penggunaan teknologi asistif untuk murid berkebutuhan khusus

Platform ruang kerja digital dan platfrom pendidikan digital seperti rumah pendidikan, dsb