Prinsip pembelajaran dalam pendekatan deep learning
1. Berkesadaran( mindful learning)
Karakteristik prinsip berkesadaran
u Kenyamanan murid dalam belajar
u Fokus, konsentrasi dan perhatian
u Kesadaran terhadap proses berpikir
u Kesempatan murid untuk menentukan pilihan dan memiliki alasan atas pilihannya
u Keterlibatan murid dalam mengembangkan strategi belajarnya
u Keterbukaab terhadap perspektif baru
u Keingintahuan terhadap pengetahuan dan pengalaman baru
Contoh pelaksanaan
Ø Memberikan pertanyaan pemantik sebagai proses pembelajaran yang memacu keingintahuan murid
Ø Memastikan murid mengetahui apa yang akan dicapai dalam pembelajaran
Ø Menunjukan kebermanfaatan dari hasil belajar bagi muris
Ø Melakukan aktivitas pemantik kegiatan pembelajaran yang interaktif, seperti berdiskusi, eksplorasi, dll
Ø Menyiapkan lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik dan kenyamanan murid
Ø Menjadi pendengar aktif bagi murid, serta memberi ruang yang nyaman bagi keberagaman
2. Bermakna (meaningful learning)
Karakteristik prinsip bermakna
l Konstekstual dan atau trevelan dengan kehidupan nyata
l Keterlibatan murid berperan dalam pemecahan masalah/isu terdekat di kehidupan nyata’
l Keterkaitan dengan pengalaman sebelumnya
l Kebermanfaatan pengalaman untuk diterapkan dalam konteks baru
l Keterkaitan dengan bidang ilmu lain
l Pembelajaran sepanjang hayat
Contoh pelaksanaan
Ø Mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi di sekitar murid agar mereka dapat mengemukakan pengalamannya
Ø Menunjukkan ilustrasi yang menggambarkan perbedaan antar lkenyataan dan pengetahuan yang dimiliki
Ø Melibatkan murid dalam merancang pembelajaran seperti memilih projek, menentukan isu permasalahan, dsb
Ø Kegiatan belajar diseduaikan dengan kebutuhan belajar murid sehingga mereka merasakan manfaat dari apa yang dipelajari bagu kehidupannya
3. Menggembirakan( joyful learning)
Karakteristik prinsip menggembirakan
l Lingkungan pembelajaran yang interaktif
l Aktivitas pembelajaran yang menarik minat dan rasa ingin tahu
l Menginspirasi
l Tantangan yang memotivasi
l Tercapainya keberhasilan belajar( AHA moment)
l Memberikan ruang untuk prakarsa, kreativitas sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan
Contoh pelaksanaan:
Ø Memfasilitasi interaksi yang sistematis dan produktif antara pendidik dengan murid, sesama murid dan antara murid dengan materi belajar
Ø Merancang kegiatan pembelajarn yang membrikan jawaban terbuka yang memancing pemikiran pribadi murid’Memfasilitasi murid untuk berdiskusi atau melakukan simulasi
Ø Memberikan dukungan atau tantangan yang sesuai dengan kemampuan murid, seperti menyesuaikan alokasi waktu pembelajaran dengan kebutuhan murid, serta menyesuaikan proses dan asesmen pembelajaran