Sabtu, 26 Juli 2025

Prinsip pembelajaran dalam pendekatan deep learning

 Prinsip pembelajaran dalam pendekatan deep learning

1. Berkesadaran( mindful learning)

Karakteristik prinsip berkesadaran

Kenyamanan murid dalam belajar

Fokus, konsentrasi dan perhatian

Kesadaran terhadap proses berpikir

Kesempatan murid untuk menentukan pilihan dan memiliki alasan atas pilihannya

Keterlibatan murid dalam mengembangkan strategi belajarnya

Keterbukaab terhadap perspektif baru

Keingintahuan terhadap pengetahuan dan pengalaman baru

 

Contoh pelaksanaan

Ø Memberikan pertanyaan pemantik sebagai proses pembelajaran yang memacu keingintahuan murid

Ø Memastikan murid mengetahui apa yang akan dicapai dalam pembelajaran

Ø Menunjukan kebermanfaatan dari hasil belajar bagi muris

Ø Melakukan aktivitas pemantik kegiatan pembelajaran yang interaktif, seperti berdiskusi, eksplorasi, dll

Ø Menyiapkan lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik dan kenyamanan murid

Ø Menjadi pendengar aktif bagi murid, serta memberi ruang yang nyaman bagi keberagaman

 

2. Bermakna (meaningful learning)

Karakteristik prinsip bermakna

Konstekstual dan atau trevelan dengan kehidupan nyata

Keterlibatan murid berperan dalam pemecahan masalah/isu terdekat di kehidupan nyata’

Keterkaitan dengan pengalaman sebelumnya

Kebermanfaatan pengalaman untuk diterapkan dalam konteks baru

Keterkaitan dengan bidang ilmu lain

Pembelajaran sepanjang hayat

 

Contoh pelaksanaan

Ø Mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi di sekitar murid agar mereka dapat mengemukakan pengalamannya

Ø Menunjukkan ilustrasi yang menggambarkan perbedaan antar lkenyataan dan pengetahuan yang dimiliki

Ø Melibatkan murid dalam merancang pembelajaran seperti memilih projek, menentukan isu permasalahan, dsb

Ø Kegiatan belajar diseduaikan dengan kebutuhan belajar murid sehingga mereka merasakan manfaat dari apa yang dipelajari bagu kehidupannya

 

3. Menggembirakan( joyful learning)

Karakteristik prinsip  menggembirakan

 

Lingkungan pembelajaran yang interaktif

Aktivitas pembelajaran yang menarik minat dan rasa ingin tahu

Menginspirasi

Tantangan yang memotivasi

Tercapainya keberhasilan belajar( AHA moment)

Memberikan ruang untuk prakarsa, kreativitas sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan

Contoh pelaksanaan:

Ø Memfasilitasi interaksi yang sistematis dan produktif antara pendidik dengan murid, sesama murid dan antara murid dengan materi belajar

Ø Merancang kegiatan pembelajarn yang membrikan jawaban terbuka yang memancing pemikiran pribadi murid’Memfasilitasi murid untuk berdiskusi atau melakukan simulasi

Ø Memberikan dukungan atau tantangan yang sesuai dengan kemampuan murid, seperti menyesuaikan alokasi waktu pembelajaran dengan kebutuhan murid, serta menyesuaikan proses dan asesmen pembelajaran