Sabtu, 06 Januari 2024

Memanfaatkan Platfrom Rapor Pendidikan Sebagai Evaluasi Mutu Sekolah

Platform Rapor Pendidikan adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menampilkan profil dan Rapor pendidikan dari Satuan Pendidikan atau Dinas Pendidikan

Platform Rapor Pendidikan adalah pengganti atau penyempurnaan dari Rapor Mutu, di mana indikatornya disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan. Dalam Platform Rapor Pendidikan satuan pendidikan tidak melakukan pengisian data langsung ke dalam instrumen, melainkan data diambil dari sistem yang sudah ada, termasuk dari Asesmen Nasional, Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB), Badan Pusat Statistik (BPS), dan sumber lain yang relevan

Manfaat Platform Rapor Pendidikan

Platform Rapor Pendidikan dapat dijadikan sebagai:

1. Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan

2. Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional

3. Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi

4. Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal

5. Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output)

6. Platform penyajian data yang terpusat. Satuan pendidikan tidak,perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi


Melalui Rapor Pendidikan ini satuan pendidikan dimudahkan memiliki data hasil evaluasi. Kemudian karena terintegrasi, jadi semua aktivitas satuan pendidikan bisa digunakan secara komprehensif, sehingga diharapkan pendidikan di sekolah terencana dengan baik menggunakan basis data

Dari hasil ANBK, para pengambil kebijakan bisa merancang strategi intervensi, misal intervensi khusus untuk literasi membaca adalah murid yang belum mampu menemukan dan mengambil informasi ekspresif yang ada dalam teks, ataupun membuat interpretasi sederhana.
Kemudian murid yang kemampuannya masih di tingkat dasar adalah murid yang mampu menemukan dan mengambil informasi eksplisit yang ada dalam teks, serta membuat interpretasi sederhana.