1. Seseorang
yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat
dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti
kesungguhan dan ketekunan.
Benar
Salah
2.
Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
1.
Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan
dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak
murid.
2.
Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai
dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
3.
Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi
performa murid.
4.
Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu
dibandingkan dengan teman-temannya.
5.
Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan
mempengaruhi pencapaian hasil belajar.
Manakah
pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
A.
1 dan 3
B. 2 dan 4
C.
3 dan 5
D.
2 dan 3
E.
1 dan 5
3.
Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa
kelas XI pada mata pelajaran Kimia di awal tahun ajaran baru berikut.
-
Mayoritas murid sudah memahami cara jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
- Mayoritas murid sudah memahami teori hukum dasar kimia.
-
Mayoritas murid tidak bisa menyelesaikan studi kasus aplikasi hukum kimia dalam
kehidupan sehari-hari.
Manakah
bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil
asesmen tersebut?
A.
Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa pertemuan menjadi berfokus
pada penerapan
B. Bisa memulai pembelajaran di face F karena sebagian besar murid
sudah memahami konsep dasar. Bagi murid yang belum memahami diberikan latihan
tambahan
C.
Masuk memulai pembelajaran di fase F dan memberikan murid bahan ajar-bahan ajar
tambahan mengenai penerapan ilmu kimia untuk murid pelajari secara mandiri
D.
Bisa memulai pembelajaran di fase F dan mencoba mengundang narasumber kimia ke
sekolah untuk menjelaskan penerapan hukum kimia dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya
dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang
diberikan.
A. Benar
B.
Salah
5.
Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia
dan siswa berikut.
Guru:
"Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?
Murid:
"Hmm... judul?
Guru:
"Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang
mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?
Murid:
"Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"
A.
Klarifikasi
B.
Nilai
C.
Perhatian
D. Saran
E.
Apresiasi
6.
Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data ....
A.
Asesmen formatif
B.
Asesmen sumatif
C. Asesmen formatif dan
sumatif
D.
Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif tergantung pada pertimbangan satuan
pendidikan
7.
Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada
....
A.
Capaian Pembelajaran
B.
Alur tujuan pembelajaran
C.
Point penting dari materi yang sudah diberikan
D. Semua benar
8.
Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju.
Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam
keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah
karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang
inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya.
Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor.
Dengan
kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan
terapkan di sekolahnya?
A.
Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian
rapor
B.
Membuat portofolio untuk divariasikan bersama dengan pembagian rapor
C.
Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor
D. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua
saat pembagian rapor