1. 1. Diagnostik
bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan murid.
Benar
Salah
2. 2. Perhatikan
pernyataan berikut.
1. Menyajikan informasi yang nyata dan terkini
mengenai kondisi murid.
2. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak
dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda.
3. Dapat membantu guru untuk menyusun laporan
perkembangan murid yang lebih bermakna.
4. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat dapat guru
gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda.
Keuntungan menggunakan lembar amatan adalah...
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 1, 2, dan 4
d. 1, 3, dan 4
3.
Hasil
observasi guru terhadap murid yang berisi aneka indikator yang harus dikuasai
murid dinamakan
a. catatan anekdotal
b. foto berseri
c. lembar amatan
d. hasil karya
e. ceklis
4.
Perhatikan beberapa
tahapan penyusunan asesmen diagnostik berikut.
I. Melaksanakan asesmen dan mengolah hasilnya.
II. Menganalisis rapor murid tahun sebelumnya.
III. Mengidentifikasi kompetensi yang akan
diajarkan.
IV. Menggunakan data hasil asesmen untuk
merencanakan pembelajaran yang lebih bermakna dan tepat sasaran.
V. Menyusun instrumen asesmen untuk mengukur
kompetensi peserta didik.
VI. Menggali informasi tentang murid, seperti
latar belakang keluarga, motivasi, minat, serta ketersediaan sarana dan prasarana.
Urutan manakah yang sesuai dalam menyusun sebuah
asesmen diagnostik?
Jawab : II-III-V-VI-I-IV
5.
Mengidentifikasi
kemampuan prasyarat yang perlu dimiliki siswa adalah langkah pertama dalam
merancang asesmen diagnostik
Benar
Salah
6. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Membuat catatan yang berisi keterampilan spesifik yang perlu dikembangkan.
2. Menentukan indikator turunan dari tujuan pembelajaran.
3. Membuat pemetaan berdasarkan tingkat penguasaan murid.
Tahapan dalam menyusun lembar amatan adalah…
Jawab : 1-3-2