1.
Saat sedang
melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel
sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara
organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan.
Oleh karena itu, peserta didik
tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara
langsung kepada gurunya. Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan
penerapan pertanyaan refleksi...
A. Apa yang saya pelajar?
B. Apa yang saya sudah
mengerti?
C. Apa yang saya belum mengerti
D. Bagaimana supaya saya mengerti?
2.
Seorang guru sejarah
sedang mengajar mengenai G30SPKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang
pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari
sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video wawancara
dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai pendukung
PKI.
Berikutnya, guru tersebut pun
membuka diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman
berbeda dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama. Disiplin berpikir kritis yang sedang
ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah...
A. Pelan-pelan dan
berefleksi
B. Terbuka terhadap sudut pandang
lain
C. Antisipasi berbagai dampak
D. Bertanggung jawab terhadap
keputusan
3.
Seorang peserta
didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai
hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya lebih
lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta
didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau
terhambat.
Berikut adalah beberapa
pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama kali untuk menggali proses belajar
dari peserta didik tersebut, kecuali...
A. Apakah kamu merasa lebih paham
ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung di laboratorium?
B. Apakah kamu belajar dengan baik
jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi pelajaran bersama?
C. Apakah
kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?
D. Bagaimana
cara agar proses belajarmu lebih efektif?
4.
Langkah
problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi
yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan...
A. Menggagas alternatif solusi
B. Menimbang alternatif solusi
C. Mengimplementasi solusi
D. Mengevaluasi solusi