Pengembangan asesmen pada pembelajaran mendalam yaitu asesmen formatif dan
sumatif. Asesmen formatif perlu dikuatkan untuk memberikan umpan balik selama
proses pembelajaran, dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan untuk mencapai
level Pembelajaran Mendalam, mempertimbangkan 3 (tiga) pengalaman belajar PM
yaitu Memahami, Mengaplikasi, dan Merefleksi. Sedangkan asesmen sumatif
dilaksanakan untuk mengetahui capaian pembelajaran secara menyeluruh
Asesmen Formatif
asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan murid untuk memperbaiki proses belajar.
Asesmen formatif berupa:
a. Asesmen di awal pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui kesiapan murid
untuk mempelajari materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan.
b. Asesmen di dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan murid dan sekaligus pemberian umpan balik yang cepat.
Asesmen Sumatif
asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran.
Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, asesmen ini bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar murid sebagai dasar penentuan:
a. kenaikan kelas; dan
b. kelulusan dari satuan pendidikan.
Asesmen diterapkan dengan penekanan pada asesmen autentik dan holistik.
Autentik
Penilaian yang merepresentasikan realitas kehidupan atau konteks sehari-hari, berfokus proses dan produk belajar dalam konteks yang nyata dan bermakna, bertujuan mengukur kompetensi nyata seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi dan komunikasi
Holistik
Penilaian yang melihat keseluruhan aspek kemampuan siswa secara utuh dan terpadu(pengetahuan, keterampilan, sikap) dapat terintegrasi berbagai dimensi pembelajaran untuk memberi gambaran komprehensif terhadap perkembangan belajar siswa
Asesmen penilaian formatif
Asesmen untuk refleksi diri murid dan refleksi proses pembelajaran
Contoh jurnal reflektif, self assessment peer assessment , checklist kemajuan belajar
Asesmen untuk perbaikan proses pembelajaran
Contoh peta konsep, umpan balik formatif, CATs, observasi
Asesmen formatif
Asesmen mengukur capaian pembelajaran murid pada akhir pembelajaran
Contoh tes lisan, tes tertulis, laporan, penilaian proyek, portopolio