Minggu, 31 Agustus 2025

Asesmen dalam Pembelajaran Mendalam

 Pengembangan asesmen pada pembelajaran mendalam yaitu asesmen formatif dan

sumatif. Asesmen formatif perlu dikuatkan untuk memberikan umpan balik selama

proses pembelajaran, dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan untuk mencapai

level Pembelajaran Mendalam, mempertimbangkan 3 (tiga) pengalaman belajar PM

yaitu Memahami, Mengaplikasi, dan Merefleksi. Sedangkan asesmen sumatif

dilaksanakan untuk mengetahui capaian pembelajaran secara menyeluruh

 

 

Asesmen Formatif

 asesmen yang bertujuan untuk memberikan  informasi atau umpan balik bagi pendidik dan murid  untuk memperbaiki proses belajar.

Asesmen formatif berupa:

a. Asesmen di awal pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui kesiapan murid

untuk mempelajari materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan.

b. Asesmen di dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan murid dan sekaligus pemberian umpan balik yang cepat.

 

Asesmen Sumatif

asesmen yang dilakukan untuk memastikan  ketercapaian tujuan pembelajaran.

Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah,  asesmen ini bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar murid sebagai dasar penentuan:

a. kenaikan kelas; dan

b. kelulusan dari satuan pendidikan.

 

Asesmen diterapkan dengan penekanan pada asesmen autentik dan holistik.

Autentik

Penilaian yang  merepresentasikan realitas kehidupan atau konteks sehari-hari, berfokus proses dan produk belajar dalam konteks yang nyata dan bermakna, bertujuan mengukur kompetensi nyata seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi dan komunikasi

Holistik

Penilaian yang melihat keseluruhan aspek kemampuan siswa secara utuh dan terpadu(pengetahuan, keterampilan, sikap) dapat terintegrasi berbagai dimensi pembelajaran untuk memberi gambaran komprehensif terhadap perkembangan belajar siswa

 

Asesmen penilaian formatif

Asesmen untuk refleksi diri murid dan refleksi proses pembelajaran

Contoh jurnal reflektif, self assessment peer assessment , checklist kemajuan belajar

Asesmen untuk perbaikan proses pembelajaran

Contoh peta konsep, umpan balik formatif, CATs, observasi 

Asesmen formatif

Asesmen mengukur capaian pembelajaran murid pada akhir pembelajaran

Contoh tes lisan, tes tertulis, laporan, penilaian proyek, portopolio