Materi yang dipelajari
·
Memahami literasi dan penerapannya
·
Memahami indeks literasi di rapor pendidikan
·
Memahami penerapan literasi dalam konteks di berbagai mata
pelajaran
·
Mengakses dan Menemukan Isi Teks beserta stateginya
·
Menginterpretasi dan Memahami Isi teks beserta strateginya
·
Mengevaluasi dan
Merefleksikan Isi Teks beserta strateginya
·
Meningkatkan literasi
dengan teks fiksi dan non fiksi
1.
Kemampuan apa yang harus
dimiliki peserta didik setelah mampu mengakses dan menemukan isi teks?
(A) Membangun makna baru dari informasi-informasi yang ada pada teks
(B) Mampu menyalin semua isi teks
(C) Mengidentifikasi kalimat fakta dan opini
(D) semua salah
2.
Untuk membantu menguatkan
kemampuan menginterpretasi dan memahami isi teks, kita dapat ajak peserta didik
untuk mengaitkan pengalaman dirinya dengan teks yang dibaca. Kapan hal itu
dapat dilakukan?
(A) sebelum membaca
(B) saat membaca
(C) setelan mempaca
(D) semua jawaban benar
3.
Untuk memiliki
kemampuan mengevaluasi dan merefleksikan isi teks, murid sebelumnya harus mampu
(A) Menginterpretasi informasi
(B) Memahami pembicaraan
(C) Menginterpretasi dan memahamiisi teks
(D) strategi mengevaluasi dan merefleksi si teks
4. Sebaiknya kita memberikan pertanyaan tertutup pada kegiatan
evaluasi dan refleksi isi teks untuk jenjang SMP dan SMA.
Pernyataan di atas adalah..
A.
Benar
B. Salah
5.
Bagaimana caranya agar
peserta didik dengan penguasaan kosakata sedikit dapat mampu memahami teks
bacaan yang beragam?
(A)
Biasakan
menghapal kosakata baru
(B)
Gunakan
bahasa ibu untuk menerangkan
(C)
Gunakan
bahasa populer untuk menerangkan
(D) Tandai semua kata
6. Apa yang dilakukan pendidik bila
ada seorang peserta didik yang berkebutuhan khusus kesulitan saat membaca
(A) Mendampingi pada proses belajar
(B) Memintanya belajar di perpustakaan
(C) Meminta salah satu peserta didi
mendampinginya
(D) Memberi tempat tersendiri di kelas