Materi yang dipelajari pada Pelatihan Meningkatkan Kompetensi Literasi di Satuan Pendidikan
·
Memahami literasi dan penerapannya
·
Memahami indeks literasi di rapor pendidikan
·
Memahami penerapan literasi dalam konteks di berbagai mata
pelajaran
·
Mengakses dan Menemukan Isi Teks beserta stateginya
·
Menginterpretasi dan Memahami Isi teks beserta strateginya
·
Mengevaluasi dan
Merefleksikan Isi Teks beserta strateginya
·
Meningkatkan literasi
dengan teks fiksi dan non fiksi
1. Perhatikan
deskripsi di bawah ini:
1. Indeks capaian literasi mencapai angka 1,80
s.d. 2,09.
2. Sebagian besar murid telah mencapai batas
kompetensi minimum untuk literasi membaca namun perlu upaya mendorong lebih
banyak murid menjadi mahir.
3. Peserta didik pada sekolah ini telah mampu
membuat interpretasi dari informasi implisit yang ada dalam teks; mampu membuat
simpulan dari hasil integrasi beberapa informasi dalam suatu teks.
Ada di manakah jenjang kemampuan literasi di rapor
pendidikan sesuai deskripsi di atas?
(A) Perlu intervensi khusus
(B) Dasar
(C) Cakap
(D) manir
2.
Berikut ini yang bukan
merupakan jenjang kemampuan literasi satuan pendidikan, yaitu…
(A) Tepat di Kompetensi Minimum
(B) Jauh di Bawah Kompetensi Minimum
(C) Di Bawah Kompetensi Minimum
(D) Di Atas Kompetensi Minimum
3.
Peserta didik mampu
menemukan dan mengambil informasi eksplisit yang ada dalam teks serta membuat
interpretasi sederhana. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa peserta didik
berada di jenjang kemampuan..
(A) Perlu intervensi khusus
(B) Dasar
(C) Cakap
(D) manir
4. Pak Amar merupakan guru PJOK beliau kesulitan saat diminta oleh
kepala sekolah untuk mendesain pembelajaran yang berbasis literasi dalam
pembelajaran. Dibawah ini manakah pernyataan yang tepat untuk membantu pak Amar
menyelesaikan permasalahan tersebut?
(A). Pak
Amar bersama-sama dengan guru kelas yaitu belajar untuk menguatkan kemampuan literasi para murid
(B). Pak Amar dengan menyuruh
kepada guru kelas yaitu memberi tugas para murid agar membaca yang banyak di
kelas
C. Pak Amar mengajak para murid
untuk belajar di lapangan
D. Pak Amar tidak memperhatikan
perintah dari kepala sekolah
5. Tindak lanjut apa yang tepat untuk memaknai hasil rapor
satuan pendidikan?
(A) Guru berkolaborasi dan berdiskusi akan kegiatan literasi inspiratif apa
yang dapat dilakukan di mata pelajarannya.
(B) Guru
mata pelajaran matematika saja yang berperan untuk meningkatkan kemampuan literasi
(C) semua Benar
(D) semua salah
6. Jika Ibu dan Bapak adalah guru mata pelajaran Antropologi,
maka penguatan literasi bukan menjadi hal wajib untuk dilakukan.
Pernyataan di atas adalah..
(A) Benar
(B) Salah
7.
Sebagai guru IPAS, Bu
Aini tidak perlu lagi untuk mengajarkan literasi, karena itu merupakan tugas
guru Bahasa Indonesia.
Pernyataan di atas adalah....
(A) Benar
(B) Salah
Soal dan Kunci jawaban modul 2
Soal dan Kunci jawaban modul 3