1.
Pembuatan
modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan
pendidikan masingmasing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam
modul projek…
Pembuatan
modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan
pendidikan masingmasing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam
modul projek…
A Alur Kegiatan Projek
B Tema, Topik dan Dimensi juga elemen dan sub-elemen yang dipilih
C Rubrik asesmen dan instrumen asesmennya
D Semua benar
2. Bu Ganes sedang membuat rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah
prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar?
A. Bu ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat
perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya
B. Bu Ganes membuat indikator yang sulit untuk diukur
C. Tidak perlu melibatkan murid dalam merancang rubrik
D. Bu Ganes membuat deskripsi yang
mudah untuk dipahami para guru murid tidak perlu paham
3.
Pak
Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi
merasa butuh penambahan kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu
lebih pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam
merancang modul projeknya?
A.
tidak
perlu menambah kegiatan projek
B.
menambah
asesmen yang harus dilakukan oleh murid-muridnya
C. Menambah
pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya
D.
semua
salah
4.
SD
Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan
sekolahnya dekat dengan sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga
menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya.
Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra
oleh-oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam
berprojek terkait dengan isu diatas?
A.
Kearifan Lokal
B.
Bangunlah jiwa dan raganya
C. Suara
Demokrasi
D. Bhinneka
Tunggal Ika
5.
Dalam
pelaksanaan satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi yang
menjadi fokus. Pernyataan diatas adalah...
Benar
Salah
Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang
disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang
sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah
kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah:
1. Modul Projek memliki 5 dimensi
2. Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan
terukur
3. Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan
pemantik yang tepat sasaran
Dengan kondisi modul projek di atas, apakah
yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek?
A. Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang
menunjukkanfokus utama projek ini
B.
Mengganti alur kegiatan projek sehingga 1 projek
dapat dilakukan dalam satu tahun
C.
Menambah dimensi menjadi 6 dimensi agar lebih
hoiistik
D.
Semua benar
6. Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan
asesmen ..... untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid Jawaban yang tepat
untuk melengkapi titik-titik di atas adalah...
Sumatif
Awal pembelajaran(Diagnostik)
7.
Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim
fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan
kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek
adalah..
A.
Kearifan Lokal
B.
Bhinneka Tunggal Ika
C.
Kewirausahaan
D. Suara
Demokrasi
8. Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan
projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan
projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah
alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra.
Pernyataan
di atas adalah..
Benar
Salah