MELATIH
REGULASI DIRI
a. Proses PemiIkiran Awal
1. Mulai
ingin belajar
Saya
ingin mempelajari bagaimana cara membuat media pembelajaran sehingga siswa saya
lebih tertarik dan tidak bosan dalam belajar dan siswa dapat belajar mandiri di
rumah menggunakan Hp atau laptop masing-masing
2. Penetapan
tujuan
Melakukan
kegiatan belajar 1 jam perhari setiap hari Jumat
3. Perencanaan
Strategi
ü Mempelajari
literatur
ü Bertanya
kepada teman yang memiliki kemampuan membuat media pembeljaran
ü Mengikuti
pelatihan
4. Efikasi
Diri
Saya
yakin dan optimis terhadap kemampuan belajar saya, sehingga saya akan dapat
mencapai tujuan belajar yang diharapkan
5. Hasil
yang diharapkan
Mampu
mebuat media pembelajaran
6. Orentasi
tujuan
Merasa yakin untuk
belajar karena bermanfaat untuk kemampuan diri dan untuk peserta didik
7. Ketertarikan intrinstik
Memiliki minat untuk membuat media
pembelajaran
B. Fase Aksi ( Berada dalam kegiatan belajar)
1. Instruksi Diri
Konsisten
menjalankan tugas yang telah disusun
2. Fokus dan Konsentrasi
Menjadwalkan belajar di rumah setiap hari Jumat sesuai
dengan jadwal pelatihan selama 2 jam sehari
3 Strategi belajar
Mengikuti pelatihan
Berdiskusi dengan teman tentang media pembelajaran
Mempraktekkan/menggunakan media pembelajaran
di kelas bersama siswa serta meminta umpan balik dari siswa
4. Observasi
Diri
a. Rekam mandiri
. Saya merasa lebih cepat belajar jika banyak melakukan praktik
b. Coba
mandiri
Saya merasa dampak dari praktik membuatan media
pembelajaran lebih bermakna daripada teori saja
C. Fase Refleksi Diri
1. Evaluasi Diri Membandingkan proses belajar dengan
menggunakan media pembelajaran dengan prose belajar sebelumnya
Saya sudah menggunakan media pembelajaran di kelas
ternyata dengan pengguunaan media pembelajaran ternyata dengan pengginaan media tersebut
siswa saya terlihat lebih antusias dan nilai belajarnya lebih baik dibandingkan
sebelumnya
2.Atribusi Kasual
Proses belajar diyakini berhasil karena saya mampu
mengatur jadwal dan melakukan prsiapan dengan baik
2. Kepuasan Diri
Saya merasa puas terhadap hasil belajar karena melihat
antusias siswa dalam belajar menggunakan media pembelajaran di kelas, dan
cerita dari siswa saat belajar di rumah karena mereka bisa belajar di saat
waktu luang
$. Reaksi Adaptif
Upaya meningkatkan efektifitas dengan mencari
referensi tambahan melalui tutorial pembuatan media pembelajaran di YuoTube
Guru belajar membuat media pembelajaran
Kegiatan saat media pembelajaran digunakan di dalam kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
Link website yang dibuat
https://sites.google.com/view/koordinat-kartesius/beranda