Senin, 20 Maret 2023

AKSI NYATA REFLEKSI DIRI

 



MELATIH REGULASI DIRI

a.       Proses PemiIkiran Awal

1.      Mulai ingin belajar

Saya ingin mempelajari bagaimana cara membuat media pembelajaran sehingga siswa saya lebih tertarik dan tidak bosan dalam belajar dan siswa dapat belajar mandiri di rumah menggunakan Hp atau laptop masing-masing

2.      Penetapan tujuan

Melakukan kegiatan belajar 1 jam perhari setiap hari Jumat

3.      Perencanaan Strategi

ü  Mempelajari literatur

ü  Bertanya kepada teman yang memiliki kemampuan membuat media pembeljaran

ü  Mengikuti pelatihan

4.      Efikasi Diri

Saya yakin dan optimis terhadap kemampuan belajar saya, sehingga saya akan dapat mencapai tujuan belajar yang diharapkan

5.      Hasil yang diharapkan

Mampu mebuat media pembelajaran

6.      Orentasi tujuan

Merasa yakin untuk belajar karena bermanfaat untuk kemampuan diri dan untuk peserta didik

7.      Ketertarikan intrinstik

                    Memiliki minat untuk membuat media pembelajaran

 

 

 

B. Fase Aksi ( Berada dalam kegiatan belajar)

1. Instruksi Diri

 Konsisten menjalankan tugas yang telah disusun

2. Fokus dan Konsentrasi

Menjadwalkan belajar di rumah setiap hari Jumat sesuai dengan jadwal pelatihan selama 2 jam sehari

3 Strategi belajar

Mengikuti pelatihan

Berdiskusi dengan teman tentang media pembelajaran

 Mempraktekkan/menggunakan media pembelajaran di kelas bersama siswa serta meminta umpan balik dari siswa

4.  Observasi Diri

a. Rekam mandiri

. Saya merasa lebih cepat belajar jika  banyak melakukan praktik

b.      Coba mandiri

Saya merasa dampak dari praktik membuatan media pembelajaran lebih bermakna daripada teori saja

C. Fase Refleksi Diri

1. Evaluasi Diri Membandingkan proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran dengan prose belajar sebelumnya

Saya sudah menggunakan media pembelajaran di kelas ternyata dengan pengguunaan media pembelajaran  ternyata dengan pengginaan media tersebut siswa saya terlihat lebih antusias dan nilai belajarnya lebih baik dibandingkan sebelumnya

2.Atribusi Kasual

Proses belajar diyakini berhasil karena saya mampu mengatur jadwal dan melakukan prsiapan dengan baik

 

2. Kepuasan Diri

Saya merasa puas terhadap hasil belajar karena melihat antusias siswa dalam belajar menggunakan media pembelajaran di kelas, dan cerita dari siswa saat belajar di rumah karena mereka bisa belajar di saat waktu luang

$. Reaksi Adaptif

Upaya meningkatkan efektifitas dengan mencari referensi tambahan melalui tutorial pembuatan media pembelajaran di YuoTube

Guru belajar membuat media pembelajaran

Screenshoot media pembelajaran yang dibuat

 


 

Kegiatan saat media pembelajaran digunakan di dalam kelas



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Link website yang dibuat

https://sites.google.com/view/koordinat-kartesius/beranda


 https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/1845731?topik_name=Refleksi%20Diri&topik_id=22