1.
Berikut adalah hal yang perlu difokuskan dalam melakukan
refleksi atas pembelajaran terhadap Perencanaan Berbasis Data, kecuali...
A. Fokus pada situasi yang terjadi
B. Fokus pada makna atau pelajaran yang didapatkan
C. Fokus pada aksi apa yang akan dilakukan
D. Fokus pada solusi apa yang ditemukan
2.
Berikut adalah indikator layanan yang perlu diperhatikan
dalam proses Perencanaan Berbasis Data, kecuali...
A. Seluruh indikator yang bermasalah
B. Indikator yang bermasalah
C. Indikator yang menjadi akar permasalahan
D. Indikator yang penting untuk segera dibenahi satuan
pendidikan
3.
Bagaimana memulai langkah dalam melakukan perubahan
berdasarkan Perencanaan Berbasis Data?
A. Segera memilih berbagai kegiatan pembenahan untuk
mengatasi semua permasalahan di satuan pendidikan
B. Dimulai dengan menentukan alokasi anggaran untuk
melakukan pembenahan di satuan pendidikan
C. Memulai perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi
dan kemampuan satuan pendidikan
D. Meminta arahan dari dinas pendidikan untuk dapat
melakukan perubahan di satuan pendidikan
4.
Apa yang akan terjadi jika saat melakukan
pembenahan, kepala satuan pendidikan tidak memanfaatkan Laporan Rapor
Pendidikan dengan baik?
A. Akan terjadi kekeliruan dalam melakukan pembenahan
B. Tidak akan terjadi peningkatan mutu pada satuan
pendidikan
C. Kurangnya pemahaman kepala satuan pendidikan dan rekan
guru terkait kebutuhan satuan pendidikannya
D. Semua benar
5.
Siapa sajakah yang dapat mempelajari dan mempergunakan
Laporan Rapor Pendidikan sebagai bahan evaluasi pendidikan?
A. Kepala satuan pendidikan
B. Rekan pendidik
C. Tenaga pendidik
D. Semua bisa mempelajari dan menggunakannya
6.
Ketika satuan pendidikan merasa belum terjadi peningkatan
mutu saat di pertengahan proses pembenahan, kepala satuan pendidik bersama
rekan pendidik dapat mencoba membuka kembali Laporan Rapor Pendidikan. Lalu,
mereka mempelajari kembali rekomendasi pembenahan yang sudah tersedia untuk
diaplikasikan di pembenahan berikutnya. Bagaimana pernyataan di atas menurut
Anda?
A. Benar
B. Salah
C. Hampir benar
D. Ragu-ragu
7.
Manakah di antara pernyataan berikut yang benar?
A. Profil Pendidikan adalah hasil akhir dari Perencanaan
Berbasis Data PBD
B. Setiap program pasti memiliki anggaran atau biaya yang
harus dikeluarkan
C. Seluruh program Rencana Kerja Tahunan penting untuk
dilaksanakan
D. RKT dan RKAS dapat dirumuskan secara langsung tanpa
melihat Rapor Pendidikan
8.
Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dariā¦
A. Masalah - akar masalah - program
B. Indikator prioritas - masalah - program
C. Indikator - masalah - akar masalah - program
D. Masalah - akar masalah - indikator prioritas
9.
Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari...
A. Masalah - akar masalah - program
B. Indikator prioritas - masalah - program
C. Indikator - masalah - akar masalah - program
D. Masalah - akar masalah - indikator prioritas
10. Perhatikan
rincian kegiatan berikut ini :
1. melakukan refleksi satuan pendidikan terkait kebutuhan
dana.
2. menentukan kegiatan benahi pada RKT
3. merinci kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan
4. merinci nominal harga barang dan jasa yang diperlukan
Dari pernyataan di atas, Langkah yang perlu dilakukan
ketika akan melakukan penganggaran
ke RKAS adalah...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
11. Perhatikan
beberapa daftar kegiatan berikut ini:
1. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan
kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kualitas pembelajaran.
2. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan
kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi literasi
3. Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan
kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kepemimpinan Instruksional.
4 Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan
kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi numerasi.
Salah satu kebutuhan yang perlu dianggarkan dalam RKAS
oleh satuan pendidikan yang paling...
A. Honor narasumber
B. Honor kegiatan
C. Honor panitia
D. Langganan internet
12. Setelah
satuan pendidikan melakukan penganggaran melalui ARKAS, maka tahap berikutnya
yang perlu dilakukan adalah...
A. Melakukan input RKAS ke ARKAS
B. Melakukan input RKAS ke RKJM
C. Melakukan input RKT ke RKAS
D. Melakukan input RKT ke RKJM
13. Apa yang harus
satuan pendidikan lakukan jika dalam perjalanan proses kegiatan, terdapat
kekeliruan ataupun halhal yang dirasa tidak tepat?
A. Tetap melanjutkan
kegiatan yang telah direncanakan
B. Mengabaikan hal
tersebut demi kelanjutan pembenahan
C. Langsung
mengganti kegiatan dengan yang sesuai dengan satuan pendidikan
D. Berdiskusi dengan
rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk mencari solusi yang
sesuai
14. Bagaimanakah proses
pengawasan sebaiknya dilakukan?
A. Secukupnya saja
B. Pengawasan
dilakukan secara berkala dan terus-menerus
C. Pengecekan
dilakukan ketika kegiatan menemukan masalah
D. Tidak perlu pengawasan
yang ketat dan rutin
15. Siapakah
yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data
di satuan pendidikan?
A. Tenaga pendidik
B. Kepala satuan pendidikan
C. Orang tua peserta didik
D. Seluruh unsur satuan pendidikan