1.
Siswa-siswi bisa
dinyatakan lulus, apabila salah satunya ………
A. Mengikuti penilaian
sumatif
B. Tidak mempunyai terhadap
masalah pribadi
C. Mempunyai nilai minimal 7,5
D. Hadir sekolah di atas 90%
2.
Acuan yang digunakan dalam penentuan kenaikan kelas
yaitu...
A. Laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian
peserta didik
B. Panduan pembelajaran dan asesmen bagi pendidikan usia
dini, dasar, dan pendidikan menengah
C. Peraturan Menteri Pendidikan no. 262 tahun 2022 mengenai
pedoman penerapan kurikulum
D. Nilai harian, ulangan, nilai UTS, dan nilai ujian
kenaikan kelas
3.
Untuk peserta didik yang mengalami hambatan berupa
ketidakhadiran, pendidik perlu bekerjasama dengan orang tua dan melibatkan peserta
didik untuk mencari solusi sejak awal. Hal ini dilakukan agar…
A. Tercipta komunikasi dan kerja sama yang baik antara
sekolah, peserta didik, dan orang tua
B. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hanya
diambil pada kejadian-kejadian luar biasa
C. Dapat mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar
peserta didik secara menyeluruh
D. Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah
dan menghambat kelulusan peserta didik
Mempertimbangkan besarnya dampak dari keputusan tidak naik
kelas, maka guru perlu melaksanakan langkah-langkah antisipasi sepanjang proses
pembelajaran. Misalnya.…
A. Merancang sistem penilaian terpadu sehingga guru bisa
melaksanakan penilaian otentik
B. Memahami panduan dari Kemendikbudristek mengenai
kenaikan kelas
C. Menyusun dokumen regulasi mengenai kriteria kenaikan
kelas yang rinci untuk acuan
D. Mendorong refleksi dan umpan balik guna membantu peserta
didik yang mengalami ketertinggalan
4. Bagaimana nilai
peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran di akhir tahun ajaran
dituliskan dalam rapor?
A. Dalam rapor
ditulis nilai akhir yang diperoleh dari pengolahan nilai harian, nilai PTS dan
PAS, serta nilai karakter
B. Dalam rapor
ditulis nilai sebenarnya serta deskripsi bahwa peserta didik mempunyai tujuan
pembelajaran yang perlu ditindaklanjuti di kelas berikutnya
C. Dalam rapor
ditulis nilai sebenarnya dan deskripsi bahwa peserta didik diputuskan untuk
tinggal kelas serta perlu mengulang pelajaran
D. Dalam rapor
dituliskan nilai tiap kompetensi dasar, yakni dibagi dalam 4 kompetensi inti
berupa spiritual, sosial, keterampilan, dan pengetahuan