Selasa, 28 Februari 2023

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

 

1.      Siswa-siswi bisa dinyatakan lulus, apabila salah satunya ………

A. Mengikuti penilaian sumatif

B. Tidak mempunyai terhadap masalah pribadi

C. Mempunyai nilai minimal 7,5

D. Hadir sekolah di atas 90%

 

2.      Acuan yang digunakan dalam penentuan kenaikan kelas yaitu...

A. Laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik

B. Panduan pembelajaran dan asesmen bagi pendidikan usia dini, dasar, dan pendidikan menengah

C. Peraturan Menteri Pendidikan no. 262 tahun 2022 mengenai pedoman penerapan kurikulum

D. Nilai harian, ulangan, nilai UTS, dan nilai ujian kenaikan kelas

 

3.      Untuk peserta didik yang mengalami hambatan berupa ketidakhadiran, pendidik perlu bekerjasama dengan orang tua dan melibatkan peserta didik untuk mencari solusi sejak awal. Hal ini dilakukan agar…

A. Tercipta komunikasi dan kerja sama yang baik antara sekolah, peserta didik, dan orang tua

B. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hanya diambil pada kejadian-kejadian luar biasa

C. Dapat mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh

D. Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah dan menghambat kelulusan peserta didik

 

Mempertimbangkan besarnya dampak dari keputusan tidak naik kelas, maka guru perlu melaksanakan langkah-langkah antisipasi sepanjang proses pembelajaran. Misalnya.…

A. Merancang sistem penilaian terpadu sehingga guru bisa melaksanakan penilaian otentik

B. Memahami panduan dari Kemendikbudristek mengenai kenaikan kelas

C. Menyusun dokumen regulasi mengenai kriteria kenaikan kelas yang rinci untuk acuan

D. Mendorong refleksi dan umpan balik guna membantu peserta didik yang mengalami ketertinggalan

 

4.      Bagaimana nilai peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran di akhir tahun ajaran dituliskan dalam rapor?

A. Dalam rapor ditulis nilai akhir yang diperoleh dari pengolahan nilai harian, nilai PTS dan PAS, serta nilai karakter

B. Dalam rapor ditulis nilai sebenarnya serta deskripsi bahwa peserta didik mempunyai tujuan pembelajaran yang perlu ditindaklanjuti di kelas berikutnya

C. Dalam rapor ditulis nilai sebenarnya dan deskripsi bahwa peserta didik diputuskan untuk tinggal kelas serta perlu mengulang pelajaran

D. Dalam rapor dituliskan nilai tiap kompetensi dasar, yakni dibagi dalam 4 kompetensi inti berupa spiritual, sosial, keterampilan, dan pengetahuan