Sabtu, 31 Agustus 2024

Soal dan kunci jawaban modul Pembelajaran dan Asesmen Numerasi tahap Cakap dan Mahir

 

1.       Perhatikan pernyatan berikut, manakah yang benar?

Menghubungkan antar topik matematika akan membantu peserta didik mengingatkan kembali konsep pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya.

Menghubungkan antar topik matematika akan membantu peserta didik mengerjakan soal dengan cepat

Menghubungkan antar topik matematika akan membantu peserta didik mengerjakan soal dengan banyak

Semua salah

 

2.       Pak Daniel menunjukkan peta demografi pulau Sumatera. Di dalamnya terdapat angka jumlah penduduk dan diagram perbedaan usia produktif yang masih bekerja dan sudah tidak bekerja. Jika dilihat sebenarnya, rencana pembelajaran Pak Daniel yang juga merupakan guru IPS dapat berkaitan dengan konten matermaika yatiu analisis data dan peluang. Pak Daniel secara tidak langsung menguatkan murid pada aspek tersebut.

Pernyataan di atas adalah..

3.       Bu Iren rutin mengumpulkan berbagai macam cara atau strategi dalam menjawab permasalahan numerasi yang dilakukan di kelas. Selain terbiasa membuat catatan secara mandiri, Bu Iren juga sering berdiskusi dengan peserta didik mengenai ragam jawaban yang ditampilkan peserta didik. Dalam hal ini, kegiatan yang dilakukan oleh Bu Iren termasuk penerapan dari..

Memperbanyak latihan mengidentifikasi berbagai strategi penyelesaian masalah numerasi

Mengevaluasi secara rutin soal atau permasalahan numerasi

Berkolaborasi dengan pihak lain untuk menambah wawasan ragam strategi

Mencari referensi ragam strategi soal numerasi secara mandiri

Mencari referensi ragam strategi soal numerasi secara mandiri

 

4.       Bu Ani meminta Rosi untuk menyelesaikan masalah berdasarkan cara yang dilakukan oleh Bu Ani.

Berdasarkan permasalahan tersebut, bagaimana pendapat Anda?

5.       Bagaimana cara guru pada tahapan cakap untuk menanamkan growth mindset dalam pembelajaran dan lingkungan belajar numerasi?

 

6.       Pada tahap mahir, guru ditekankan untuk menggunakan dan mengajukan pertanyaan dalam membelajarkan numerasi kepada peserta didik. Berikut ini merupakan alasan mengapa hal tersebut penting, kecuali . . .

Dapat merangsang kreativitas

Dapat mendorong berpikir kritis, mengungkap perspektif baru, dan melatih keterampilan pemecahan masalah.

Dapat membantu peserta didik meninjau, menyatakan kembali, dan menekankan konsep-konsep penting

Dapat menempatkan beban yang ada di pundak peserta didik