Fasilitasi adalah tndakan membantu orang lain dn kelompok untuk menangani suatu proses atau mencapai kesepakatan atau solusi sesuai tujuan orang atau kelompok tersebut
Prinsip dalam fasilitasi
1. - Saling memperhatikan satu sama lain
2. -Menunjukkan minat bersama
3. - Saling percaya, hormat dan keterbukaan
4. - Maju bersama untuk pemahaman lebih komprehensif
5. - Memiliki kontribusi penting dalam proses pembelajaran
Sikap dasar dari fasilitator
1. Kesadaran diri
Fasilitator hadir sepenuhnya mendampingi peserta didik agar
tujuan mereka tercapai, dapat menerima perbedaan, mempunyai kesadaran untuk
berpikir, mengelola emosi, serta fleksibel dan siap terhadap dinamika yang
mungkin terjadi selama proses pembelajaran
2. Demokratis
fasilitator menghargai
perbedaan, keberagaman, toleransi, dialektis, saling memahami, menjalin
hubungan yang positif dan mendorong peserta didik untuk mengambil keputusan
yang bertanggung jawab
3. Sistematis
Fasilitator membuat
proses menjadi terstruktur dan terukur sehingga fasilitasi berjalan dengan
efektif dan efisien
4. Observatif
Fasilitator melihat dan
memetakan kebutuhan individu atau kelompok, menerimaumpan balik, mendengarkan peserta didik dengan perhatian
dan menagkap sudut pandang yang berbeda untuk membantu kemajuan peserta didik,
observasi akan membantu dalam mengamati bagaimana konflik/perbedaan pendapat
terjadi, kapan harus mengintervensi, cara mengintervensi dengan tepat, kapan
peserta didik membutuhkan jeda
5. Empati
Memahami situasi dan kesulitan yang terjadi, latar belakang peserta
didik dan menumbuhkan sikap refkektif supaya dapat membantu peserta didik untuk
lebih terbuka terhadap perubahan
6. Percaya diri
Memampukan diri, mempunyai semangat dan daya lenting, melihat
peluang,mengambil resikodan mengatasi hal-hal yang tidak terduga, serta
mengungkapkan konsekuensi dengan jujur
7. Berpikiran terbuka
Siap untuk beradaptasi,, harus memiliki semua jawaban, mampu
menahan diri untuk tidak mengajari dan percaya bahwa peserta didk memiliki
sumber daya dalam diri mereka untuk menemukan jawaban mereka sendiri atas
masalah yang dihadapi
8. Objektif
Bersikap netral dalam menentukan uang lingkup, sumber
belajarr yang mendukung, durasi yang dibutuhkan, alat bantu yang digunakan dan
bagaimana proses fasilitasi akan berlangsung
9. Fokus
Berkonsentrasi dalam memfasilitasi peserta didik mencapai
tujuan> Perhatikan detail untuk mendapatkan petunjuk, untuk mengetahui
adanya distraksi dan cara mengatasi distraksi