Minggu, 21 Januari 2024

Fasilitasi

 Fasilitasi adalah tndakan membantu orang lain dn kelompok untuk menangani suatu proses atau mencapai kesepakatan atau solusi sesuai tujuan orang atau kelompok tersebut

Prinsip dalam fasilitasi

1.      - Saling memperhatikan satu sama lain

2.       -Menunjukkan minat bersama

3.     -  Saling percaya, hormat dan keterbukaan

4.    -   Maju bersama untuk pemahaman lebih komprehensif

5.     -  Memiliki kontribusi penting dalam proses pembelajaran

Sikap dasar dari fasilitator

1.      Kesadaran diri

Fasilitator hadir sepenuhnya mendampingi peserta didik agar tujuan mereka tercapai, dapat menerima perbedaan, mempunyai kesadaran untuk berpikir, mengelola emosi, serta fleksibel dan siap terhadap dinamika yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran

2.      Demokratis

fasilitator menghargai perbedaan, keberagaman, toleransi, dialektis, saling memahami, menjalin hubungan yang positif dan mendorong peserta didik untuk mengambil keputusan yang bertanggung jawab

3.      Sistematis

Fasilitator membuat proses menjadi terstruktur dan terukur sehingga fasilitasi berjalan dengan efektif dan efisien

4.      Observatif

Fasilitator melihat dan memetakan kebutuhan individu atau kelompok, menerimaumpan balik,  mendengarkan peserta didik dengan perhatian dan menagkap sudut pandang yang berbeda untuk membantu kemajuan peserta didik, observasi akan membantu dalam mengamati bagaimana konflik/perbedaan pendapat terjadi, kapan harus mengintervensi, cara mengintervensi dengan tepat, kapan peserta didik membutuhkan  jeda

5.      Empati

Memahami situasi dan kesulitan yang terjadi, latar belakang peserta didik dan menumbuhkan sikap refkektif supaya dapat membantu peserta didik untuk lebih terbuka terhadap perubahan

6.      Percaya diri

Memampukan diri, mempunyai semangat dan daya lenting, melihat peluang,mengambil resikodan mengatasi hal-hal yang tidak terduga, serta mengungkapkan konsekuensi dengan jujur

7.      Berpikiran terbuka

Siap untuk beradaptasi,, harus memiliki semua jawaban, mampu menahan diri untuk tidak mengajari dan percaya bahwa peserta didk memiliki sumber daya dalam diri mereka untuk menemukan jawaban mereka sendiri atas masalah yang dihadapi

8.      Objektif

Bersikap netral dalam menentukan uang lingkup, sumber belajarr yang mendukung, durasi yang dibutuhkan, alat bantu yang digunakan dan bagaimana proses fasilitasi akan berlangsung

 

9.      Fokus

Berkonsentrasi dalam memfasilitasi peserta didik mencapai tujuan> Perhatikan detail untuk mendapatkan petunjuk, untuk mengetahui adanya distraksi dan cara mengatasi distraksi