1.
Seorang murid Kelas 11 berkonsultasi dengan Guru
BK. Ia ingin meneruskan kuliah di jurusan Mikrobiologi. Bersama Gurunya ia
membuat rencana belajar, rencana kunjungan virtual ke kampus-kampus
Mikrobiologi, dan meminta kesediaan agar Guru BK-nya menyempatkan waktu untuk
berbincang dengannya jika motivasinya sedang turun. Perencanaan murid ini
paling mencerminkan keterampilan…
-Refleksi
-Manajemen diri
-Adaptasi
-Gairah
2.
Mana yang bukan manfaat soft skill
Self-Regulated Learning?
-Self-Regulated learning membuat belajar lebih
singkat
-Self-Regulated Learning menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
-Seorang self-regulated learning lebih adaptif
-Seorang self-regulated learner mampu mengevaluasi sendiri aktivitas
belajarnya
3.
Seorang self-regulated learning mampu fokus
dalam kegiatan pembelajaran jangka panjang. Ia bisa mengembalikan motivasinya
ketika sedang kehilangan semangat atau menghadapi distraksi. Deskripsi ini
paling mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:
-Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
-Mandiri pada cara
-Komitmen pada tujuan
-Belajar dari orang lain
4.
Ada tiga keterampilan utama yang menjadi
prasyarat praktik Self-Regulated Learning. Seorang self-regulated learner
terampil membuat jadwal, membuat prioritas, mengatasi distraksi. Deskripsi ini
mencerminkan keterampilan:
-Refleksi
=Manajemen diri
=Adaptasi
-Optimis
5.
Mengapa Ibu Amelia tidak melanjutkan mengumukan
nilai perolehan ujian?
-Ia sadar bahwa mempermalukan malah menghambat
motivasi belajar murid.
-Ia sadar bahwa mempermalukan tidak membuat murid tertarik pada topik yang
diajarkan
-Ia sadar bahwa mempermalukan murid tidak berpengaruh apa-apa terhadap
murid
-Ia
sadar bahwa murid yang nilainya bagus malah merosot selanjutnya.