Senin, 18 September 2023

Teori Belajar Kognitif

 

Adapun pengertiannya menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  1. Menurut Williams dan Susanto, yaitu cara individu bertingkah laku, bertindak, dan cepat lambatnya individu saat memecahkan masalah yang sedang dihadapi.
  2. Menurut Neisser, yaitu perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan.
  3. Menurut Gagne, yaitu proses internal yang terjadi di dalam pusat susunan saraf ketika manusia sedang berpikir.
  4. Menurut Drever, yaitu istilah umum yang melingkupi metode pemahaman, yakni persepsi, penilaian, penalaran, imajinasi, dan penangkapan makna.
  5. Menurut Piaget, yaitu bagaimana anak beradaptasi dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya.

Prinsip teori belajar kognitif dalam pembelajaran adalah sebagai berikut.

  1. Proses belajar lebih penting daripada hasil.
  2. Persepsi dan pemahaman dalam mencapai tujuan belajar menunjukkan tingkah laku seorang individu.
  3. Materi belajar dipisahkan menjadi komponen kecil, lalu dipelajari secara terpisah.
  4. Keaktifan peserta didik saat pembelajaran merupakan suatu keharusan.
  5. Pada kegiatan belajar, dibutuhkan proses berpikir yang kompleks.

 

Langkah-langkah pembelajaran menurut teori belajar kognitif secara umum, yaitu sebagai berikut.

  1. Menentukan tujuan pencapaian kompetensi,
  2. Memilih materi pelajaran,
  3. Menentukan topik-topik yang akan dibahas peserta didik, misalnya penelitian, memecahkan masalah, diskusi, simulasi, dan sebagainya.
  4. Mencari contoh-contoh materi, tugas, ilustrasi, dan contoh lainnya yang dapat digunakan peserta didik untuk bahan belajar,
  5. Mengembangkan metode pembelajaran untuk merangsang kreatifitas dan cara berfikir peserta didik.
  6. Mengatur topik yang dipelajari peserta didik dari konsep yang paling konkret ke yang abstrak, hingga dari yang sederhana ke kompleks, dan
  7. Mengevaluasi proses dan hasil belajar.

 

Kelebihan Teori Kognitif

  1. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi belajar.
  2. peserta didik menjadi mandiri dan lebih kreatif.

Kekurangan Teori Kognitif

  1. Teori belajar kognitif belum bisa digunakan pada semua tingkat pendidikan.
  2. Pada pendidikan tingkat lanjut, teori belajar kognitif masih sulit untuk diterapkan.