Murid adalah individu yang
unik, tanggung jawab Ibu dan Bapak Guru adalah membantu murid memahami materi
ajar dan menguasai keterampilan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Lebih
jauh lagi, Ibu dan Bapak Guru diharapkan dapat memahami bahwa murid memiliki
pengetahuan awal dan keterampilan yang dipengaruhi oleh bagaimana ia dibesarkan
dalam keluarga dan lingkungannya.
Untuk mengidentifikasi
kebutuhan murid, kita harus memahami 4 area kebutuhan belajar murid, yaitu:
kognitif, sosial, afektif, dan psikomotor.
Membaca adalah kecakapan
fundamental penentu keberhasilan murid di jenjang pendidikan formal.
Kemampuan
membaca awal ditentukan oleh aktivitas pra membaca di usia dini yang melibatkan
pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman dan pengecapan
Tujuan pembelajaran
merupakan capaian peserta didik yang sudah ditetapkan di tingkat satuan
pendidikan dan akan dicapai di akhir unit/materi/modul ajar. Dalam pembelajaran
berdiferensiasi, tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat dicapai
melalui adanya praktik diferensiasi konten, proses atau produk.
Asesmen diagnostik adalah
Asesmen Awal Pembelajaran.
Dalam
proses pembelajaran, kita perlu memahami kebutuhan setiap murid dan memahami
karakternya agar kita dapat merancang metode mengajar yang tepat dan mudah
diterima.