Sabtu, 25 Maret 2023

AKSI NYATA Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C



Murid adalah individu yang unik, tanggung jawab Ibu dan Bapak Guru adalah membantu murid memahami materi ajar dan menguasai keterampilan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Lebih jauh lagi, Ibu dan Bapak Guru diharapkan dapat memahami bahwa murid memiliki pengetahuan awal dan keterampilan yang dipengaruhi oleh bagaimana ia dibesarkan dalam keluarga dan lingkungannya.

Untuk mengidentifikasi kebutuhan murid, kita harus memahami 4 area kebutuhan belajar murid, yaitu: kognitif, sosial, afektif, dan psikomotor.

Membaca adalah kecakapan fundamental penentu keberhasilan murid di jenjang pendidikan formal.

Kemampuan membaca awal ditentukan oleh aktivitas pra membaca di usia dini yang melibatkan pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman dan pengecapan

Tujuan pembelajaran merupakan capaian peserta didik yang sudah ditetapkan di tingkat satuan pendidikan dan akan dicapai di akhir unit/materi/modul ajar. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat dicapai melalui adanya praktik diferensiasi konten, proses atau produk.

Asesmen diagnostik adalah Asesmen Awal Pembelajaran.

 

Dalam proses pembelajaran, kita perlu memahami kebutuhan setiap murid dan memahami karakternya agar kita dapat merancang metode mengajar yang tepat dan mudah diterima.


AKSI NYATA

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/1558011?topik_name=Penyesuaian%20Pembelajaran%20dengan%20Kebutuhan%20dan%20Karakteristik%20Murid%20SMP%20-%20SMA%2F%20Paket%20B-C&topik_id=7