1. Diane Gossen menyatakan ada lima Posisi Kontrol guru.
Dua Posisi Kontrol di antaranya adalah:
1. Pembuat sakit dan pengendali
2. Pemantau dan Manajer
3. Penunjuk dan penghukum
4. Teman dan pembuat disiplin
Jawaban: B. Pemantau dan Manajer
2. Yeti masuk ruangan Bu Susi dengan muka bersungut-sungut. Dia tampak
kesal sekali dan terlihat menahan amarah.
Ibu Susi mencoba menghampirinya, “Ada
apa Yeti, jarang sekali ke ruangan Ibu.” Yeti menjawab pendek, “Kesal Bu… Saya
dituduh tukang fitnah sama Ira. Ya saya balik ngatain dia dong.”
Ibu Susi terdiam sejenak. Bila Ibu
Susi berada di Posisi Kontrol Manajer, apa yang akan dikatakan oleh Ibu Susi
selanjutnya? (pilih dua pernyataan/pertanyaan).
(1) “Kenapa bisa seperti itu, apa sebabnya?”
(2) “Kamu juga marah-marah. Coba diingat mungkin kamu mulai duluan”.
(3) “Sepertinya kamu kesal sekali, saya juga akan kesal bila dituduh
seorang tukang fitnah.”
(4) “Kamu lagi, kamu lagi, sekarang masalah apa yang kamu hadapi?”
(5) “Semua orang bisa berbuat kesalahan.”
1. 2 dan 5
2. 1 dan 2
3. 3 dan 4
4. 3 dan 5
Jawaban: B. 1 dan 2
3. Kedua hal ini adalah dampak dari posisi kontrol guru Penghukum pada
siswa:
(1) Rendah diri
(2) Pendendam
(3) Tidak menghormati peraturan
(4) Menghormati konsekuensi.
1. 2 dan 4
2. 1 dan 3
3. 2 dan 3
4. 1 dan 4
Jawaban: C. 2 dan 3
4. (1) “Kamu ini selalu saja terlambat”
(2) “Apa peraturannya, apakah kamu tahu konsekuensinya?”
(3) “Ayolah lakukan demi Ibu ya nak?”
(4) “Bilamana kamu berbaris rapi, nanti Ibu berikan stiker bintang”
Dua di antara pernyataan di atas adalah ciri pernyataan seorang Pemantau.
1. 2 dan 4
2. 1 dan 3
3. 1 dan 4
4. 2 dan 3
Jawaban: A. 2 dan 4
5. Murid-murid kelas 1 sangat ribut, dan sulit untuk tenang mengikuti
pelajaran. Bu Yenny menegur murid-muridnya dengan mengatakan, “Siapa yang dapat
duduk tenang dan mendengarkan, akan Ibu kasih stiker. Ayo siapa yang mau
mendapatkan stiker?”
Murid-murid kelas 1 pun langsung dapat duduk tenang. Ibu Yenny sedang
menjalankan proses disiplin dengan kontrol posisi apa?
1. Penghukum
2. Pembuat merasa bersalah
3. Teman
4. Pemantau
Jawaban: D. Pemantau
6. Seorang guru yang berada di posisi kontrol Pemantau akan mengajukan
pertanyaan atau melakukan kedua hal di bawah ini, kecuali:
1. Menghitung dan mencatat pelanggaran
murid terhadap peraturan-peraturan yang berlaku serta mensupervisi murid pada
saat menjalankan konsekuensi yang telah disepakati.
2. Memberikan penghargaan berupa
stiker bintang, dan memberikan pujian bagi murid yang mentaati peraturan.
encatat nama murid yang melanggar tata tertib kelas di papan
tulis, serta memberikan konsekuensi bila telah melanggar lebih dari 3 kali.
4. Menanyakan sebabnya murid melanggar peraturan yang ada, serta
memintanya untuk meminta maaf pada orang yang dirugikan.
Jawaban: D.
Menanyakan sebabnya murid melanggar peraturan yang ada, serta memintanya untuk
meminta maaf pada orang yang dirugikan.
7. Hasan dan Radit saling melempar makanan pada saat jam
makan siang. Pada saat Radit akan balik melempar kulit pisang ke Hasan, kulit
pisang tersebut mengenai kepala pak Yono yang sedang melintas di area kantin.
Pak Yono menegur keduanya, dan meminta mereka untuk menghadap kepala sekolah,
Ibu Tini.
Ibu Tini langsung melihat buku tata tertib sekolah, dan
membacakan peraturan dan konsekuensi yang berlaku. Akibat perbuatan mereka,
Hasan dan Radit diminta untuk tinggal 20 menit sesudah jam pulang sekolah di
ruang detensi dan mengerjakan pekerjaan rumah yang disupervisi oleh guru piket.
Dari kasus Hasan dan Radit, tindakan yang dilakukan bu Tini
adalah posisi kontrol…karena…
1. Pemantau, karena Ibu Tini meninjau buku tata tertib
(peraturan) yang berlaku, dan memberikan konsekuensi yang berlaku disepakati di
sekolah tersebut.
2. Pemantau, karena Ibu Tini langsung memberikan hukuman kepada
Hasan dan Radit.
3. Penghukum, karena Ibu Tini menghukum Hasan dan Radit dengan
menyuruh kedua murid bertahan di sekolah sesudah jam pulang sekolah berakhit.
4. Manajer, karena Ibu Tini selaku mengatur Hasan dan Radit
mendapatkan konsekuensi tinggal 20 menit setelah jam pulang sekolah berakhir,
dan di supervisi oleh guru piket.
Jawaban: C.
Penghukum, karena Ibu Tini menghukum Hasan dan Radit dengan menyuruh kedua
murid bertahan di sekolah sesudah jam pulang sekolah berakhit.
8. Posisi kontrol manajer akan mengatakan dua
pernyataan-pernyataan di bawah ini:
(1) “Kamu selalu yang
paling akhir”
(2) “Tolong lakukan demi
Bapak ya?”
(3) “Apa keyakinan kita?”
(4) “Apakah
kamu bersedia memperbaikinya?”
1 dan 2
3 dan 4
2 dan 4
1 dan 3
Jawaban: B.
3 dan 4
Berikut
adalah pertanyaan atau tindakan Pak Rahadi:
1. “Kamu selalu saja buat kesalahan, kapan kamu tidak ceroboh?
Makanya, gunakan matanya!”
2. Konsekuensinya apa kalau kamu menumpahkan botol air begini?
Sebaiknya kamu segera bersihkan dan ganti kertas Bona”.
3. Didi, Didi, bagaimana ini kamu menumpahkan air di kertas Bona. Nanti orang
tua Bona bisa marah sekali kalau tahu kamu tumpahkan air”.
4. Didi semua orang bisa berbuat kesalahan. Bagaimana rencana
kamu untuk menyelesaikan masalah ini?”
Jawaban: D.
Didi semua orang bisa berbuat kesalahan. Bagaimana rencana kamu untuk
menyelesaikan masalah ini?”
10. Pada saat guru berada di posisi kontrol Manajer, guru
melakukan dialog segitiga restitusi yang terdiri dari 3 sisi, yaitu:
1. Menanyakan apa yang sedang dipikirkan, menanyakan identitas
pelanggar, dan validasi tindakan yang salah.
2. Menyatakan bahwa semua orang membuat kesalahan, menyatakan
tindakannya yang salah, dan memberikan pujian.
3. Menstabilkan identitas, validasi tindakan yang salah, dan
menanyakan keyakinan.
4. Menanyakan keyakinan, mengidentifikasi kesalahannya, dan
menanyakan penyebab dari perbuatannya.
Jawaban: C.
Menstabilkan identitas, validasi tindakan yang salah, dan menanyakan keyakinan.