Jumat, 01 Juli 2022

PEMBELAJARAN SEASYIK BERMAIN (MENINGKATKAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA MELALUI SCRACTH

 scratch merupakan bahasa pemrograman berbasis visual gratis yang dapat anda gunakan untuk membuat berbagai macam karya seperti cerita, games, animasi, musik, seni, dan presentasi. Hanya dengan drag and drop sebuah blok warna pada modul, Scratch dapat dijalankan dengan mudah tanpa harus menguasai bahasa pemrograman yang rumit. Scratch dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan usia

Dalam pembelajaran, anda dapat memanfaatkan Scratch dalam pembuatan media belajar yang sangat menarik pada mata pelajaran matematika, musik, seni, desain, bahasa dan teknologi informasi. Selain itu anda dapat menuntun para siswa menggunakan Scratch untuk membuat cerita
interaktif, animasi, dan permainan mereka sendiri dengan kode. Dalam prosesnya, mereka belajar untuk berpikir secara kreatif, beralasan secara sistematis dan bekerja secara kolaboratif seperti keterampilan keterampilan penting yang paling dibutuhkan sekarang ini. Anda dapat mengintegrasikan Scratch ke dalam berbagai bidang studi dan kelompok usia yang berbeda-beda


Menginstal Scracth


Mengenal fitur yang ada di scracth
Membuat Akun di Scracth.mit.edu 

Membuat karya sederhana
Mempublikasikan karya


Game kuda lompat
Game tangkap apel
Game kucing terbang bagian 1

Game kucing terbang bagian 2







Semoga bermanfaat ...
sumber: Pelatihan pembelajaran seasyik bermain