Salah satu cara untuk membangkitkan minat belajar, mendorong rasa ingin tahu dengan penyajian yang menarik di era saat ini adalah dengan menerapkan metode Gamifikasi supaya pembelajaran menjadi lebih asyik untuk di ikuti oleh siswa
Gamifikasi adalah metode atau pendekatan pembelajaran menggunakan elemen-elemen di dalam game dengan tujuan meningkatkan motivasi dan engagement siswa dalam mengikuti proses pembelajaranLangkah Penerapan
gamifikasi :
1. Kenali tujuan
pembelajaran
2. Tentukan ide
besarnya
3. Buat skenario
permainan
4. Buat desain
aktivitas pembelajaran
5. Bangun
kelompok-kelompok
6. Terapkan
dinamika permainan
Elemen Gamifikasi
1. -Badges/ Lencana
2. - Levels
3. -Leaderboard
4. -Progres bar
5. - Virtual Currency
6. -Award/ gift
7. - Challenges between users
Manfaat Gamifikasi
a. Belajar jadi lebih menyenangkan
b. Membantu siswa lebih fokus dan memahami materi yangsedang di
pelajari
c. Mendorong
siswa untuk menyelesaikan aktivitas pembelajaran nya
d. Memberi kesempatan siswa untuk berkompetisi,bereksplorasi dan berprestasi dalam kelas. Contoh Platform Gamifikasi
Penerapan Aplikasi Gamifikasi di kelas
Kooperatif learning
Meningkatkan motivasi dan dorongan berpretasi siswa. Dapat dilakukan
dengan membagi siswa dalam kelompok (4-6 orang). Diiminta untuk
saling membantu dalam belajar kelompok. Siswa di berikan poin atau
reward atas hasil atau prestasi yang di raih.
Jigsaw
siswa di bagi ke dalam beberapa kelompok, selanjut tiap
perwakilan kelompok mempelajari hal sama kemudian di satukan lagi dengan kelompok
untuk sharing
Group Investigation
Siswa di bagi ke dalam kelompok dan diberikan tugas/ proyek kelas yang kemudian
di presentasikan bersama
STAD (Student Team Achievement DIvision)
SIswa di bagi kelompok lalu di buat Leaderboar berdasarkan pengerjaan tugas
atau kuis di bandingkan setiap minggu nya. Sejauh apa siswa berprogres dari
minggu ke minggu
Semoga bermanfaat...
Sumber Seminar Dengan Gamifikasi Untuk Menumbuhkan Pemikiran Komputasi
C