Siswa mampu menyatakan selisih dari suatu himpunan
Siswa mampu menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan selisih himpunan
Misalkan diketahui dua himpunan A dan B. Selisih himpunan A dan B adalah himpunan semua anggota A yang buka anggota B, dan ditulis A – B = {x | x Î A, x Ï B}
Pada diagram Venn di bawah ini daerah yang diarsir adalah A – B. Misalnya himpunan A = {1, 2, 3, 4, 5, 6}, B = {2, 3, 5, 7, 11}. Himpunan semua anggota A yang bukan anggota B adalah {1, 4, 6}, jadi A – B = {1, 4, 6}.
Contoh Soal Selisih Dua Himpunan
1. Diketahui: A = {himpunan bilangan asli kurang dari 10} dan B = {himpunan bilangan prima kurang dari 15. Tentukan anggota dari A – B dan B – A dan gambarkan diagram venn-nya.
Penyelesaian:
A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}, B = {2, 3, 5, 7, 11, 13} a. A – B = {1, 4, 6, 8, 9} b. B – A = {11, 13}
2. Diketahui P = { x | 3 £ x < 7, x Î A}, Q = {x | 0 < x £ 5, x Î B} Ditanya: a. P – Q dan b. Q – P
Penyelesaian: P = {3, 4, 5, 6, 7} dan Q = {1, 2, 3, 4, 5} a.P – Q = {6} b.b. Q – P = {1, 2}