Jumat, 12 Juli 2024

Pembelajaran Berdiferensiasi

 Suatu pendekatan yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, siswa diberikan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam hal materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian.

3         strategi pembelajaran berdiferensiasi 

1.       diferensiasi konten

guru memberikan materi yang berbeda kepada kelompok siswa yang berbeda. Materi ini sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan masing-masing siswa

2.       diferensiasi proses

 bagaimana peserta didik akan memaknai materi yang dipelajari baik secara mandiri atau kelompok dengan menyediakan kegiatan berjenjang

3.       diferensiasi produk

bagaimana peserta didik menyajikan hasil sesuai kemampuan masing-masing

Tujuan pembelajaran berdiferensiasi

Menciptakan kesetaraan belajar bagi semua siswa dan menjembatani kesenjangan belajar antara yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi

Prinsip pembelajaran berdiferensiasi

  • Guru mengkomunikasikan dengan siswa materi apa yang penting untuk dipelajari untuk menghubungkan kurikulum dan pembelajaran dengan penilaian (asesmen). ...
  • Guru merespon perbedaan siswa. ...
  • Semua siwa diharapkan berpartisipasi dalam tugas.

Praktek pembelajaran berdiferensiasi di dalam kelas

guru akan menghadirkan materi dan aktivitas yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan gaya belajar masing-masing siswa

 Indikator keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi

Peserta didik memiliki pemahaman materi pembelajaran yang lebih baik, perubahan dalam kemampuan pemecahan masalah peserta didik, peningkatan dalam keterlibatan peserta didik pada partisipasi dalam diskusi, atau kemauan untuk berbagi pendapat dan ide.