Suatu pendekatan yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, siswa diberikan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam hal materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian.
3
strategi pembelajaran berdiferensiasi
1.
diferensiasi konten
guru memberikan materi yang berbeda kepada
kelompok siswa yang berbeda. Materi ini sesuai dengan tingkat pemahaman dan
kemampuan masing-masing siswa
2.
diferensiasi proses
bagaimana peserta didik akan memaknai
materi yang dipelajari baik secara mandiri atau kelompok dengan menyediakan
kegiatan berjenjang
3.
diferensiasi produk
bagaimana peserta didik menyajikan hasil
sesuai kemampuan masing-masing
Tujuan pembelajaran berdiferensiasi
Menciptakan kesetaraan belajar bagi semua siswa dan
menjembatani kesenjangan belajar antara yang berprestasi dengan yang tidak
berprestasi
Prinsip pembelajaran berdiferensiasi
- Guru
mengkomunikasikan dengan siswa materi apa yang penting untuk dipelajari
untuk menghubungkan kurikulum dan pembelajaran dengan
penilaian (asesmen). ...
- Guru
merespon perbedaan siswa. ...
- Semua
siwa diharapkan berpartisipasi dalam tugas.
Praktek pembelajaran berdiferensiasi di dalam kelas
guru akan menghadirkan materi dan aktivitas yang disesuaikan
dengan tingkat pemahaman dan gaya belajar masing-masing siswa
Indikator keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi
Peserta didik memiliki pemahaman materi pembelajaran yang
lebih baik, perubahan dalam kemampuan pemecahan masalah peserta didik,
peningkatan dalam keterlibatan peserta didik pada partisipasi dalam diskusi,
atau kemauan untuk berbagi pendapat dan ide.