Jumat, 12 Juli 2024

Cara Menumbuhkan Growth Mindset

 Growth Mindset  adalah Pola pikir yang menganggap keberhasilan dan kemampuan seseorang dapat berkembang melalui waktu, usaha, dan ketekunan

Growth Mindset  adalah Pola pikir yang menganggap keberhasilan dan kemampuan seseorang dapat berkembang melalui waktu, usaha, dan ketekunan.

Apa sih mindset itu? Mindset adalah suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman dengan keyakinan sehingga dapat mempengaruhi perilaku atau cara berfikir seseorang dalam menentukan suatu sikap, pandangan hingga masa depan orang tersebut. Seorang profesor Psikologi dari Stanford University yang bernama Carol S. Dweck mengkategorikan mindset menjadi dua, yaitu growth mindset dan fixed mindset.

Manfaat Growth Mindset

Menurut CareerOne, setidaknya ada 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memiliki growth mindset. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Setiap orang pasti memiliki kelemahannya masing-masing. Banyak dari mereka yang justru menjadi insecure dengan kelemahannya.

Orang dengan growth mindset justru tetap akan percaya diri karena ia mau berusaha memperbaiki kelemahannya tersebut.

2. Belajar skill baru

Saat melamar pekerjaan, ada kemungkinan bahwa kamu tidak 100% memiliki skill yang dibutuhkan. Namun, recruiter tetap akan tertarik padamu jika kamu memiliki growth mindset.

Mengapa? Mindset inilah yang bisa membuatmu terbuka untuk belajar hal baru. Hal ini memiliki arti bahwa orang dengan growth mindset tidak merasa puas dengan ilmu yang dimilikinya.

3. Mau menerima tantangan

Tak hanya di dunia kerja, kamu pasti menemukan tantangan baru di mana pun kamu berada.

Tantangan ini yang bisa membuatmu jadi lebih baik, secara personal maupun profesional. Fixed mindset hanya akan menghambatmu untuk berkembang.

4. Mendapatkan kesempatan baru

Manfaat growth mindset selanjutnya adalah kemudahan untuk mendapat kesempatan baru. Seiring kamu memperbaiki diri secara terus-menerus, opprtunity akan datang dengan sendirinya.

Siapa pun akan tertarik untuk bekerja sama dengan orang yang selalu terbuka untuk memperbaiki diri dan belajar hal baru.

5. Mudah menerima feedback

Feedback adalah hal yang sangat berguna untuk membantu kamu belajar dari kesalahan. Terkadang, kita tidak menyadari kekurangan atau bahkan kelebihan kita sendiri.

Artinya, kalau kamu memiliki growth mindset, kamu akan melihat feedback sebagai kesempatan untuk belajar. Bukan untuk menyerang atau mengungkit keselahanmu

Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang yuk coba tumbuhkan growth mindset dengan beberapa cara di bawah ini:

1.       Lihat Tantangan sebagai Kesempatan

Langkah pertama dalam mengembangkan growth mindset adalah menganggap tantangan yang terjadi sebagai kesempatan untuk mendapatkan pengalaman, mengasah keterampilan, dan meningkatkan pengetahuan.

2.       Berhenti Haus Pengakuan

Saat mengembangkan growth mindset, penting untuk berhenti haus pengakuan dari orang lain. Cobalah untuk fokus mencapai tujuan demi kepuasan diri sendiri.

3.       Fokus pada Proses

Growth mindset lebih menekankan pentingnya proses daripada hasil akhir. Karena itu, penting untuk selalu fokus dalam mencapai tujuan agar prosesnya berjalan dengan baik. Fokus pada proses juga dapat membantu kita untuk belajar dan berkembang.

4.       Melihat Kesalahan sebagai Pengalaman

Untuk mengembangkan growth mindset, kita juga perlu mengubah perspektif dalam melihat kesalahan. Cobalah untuk memahami kesalahan adalah pengalaman yang dapat membantu meningkatkan diri dan maju.

5.        Gagal adalah Pengalaman

Cara untuk menerapkan growth mindset selanjutnya adalah menganggap kegagalan sebagai pengalaman baru. Dengan ini, kita tidak akan pernah takut untuk mencoba hal lain.

6.       Tidak Takut Dikritik

Selanjutnya, untuk mengembangkan growth mindset, kita tidak perlu takut untuk dikritik. Anggaplah kritik sebagai pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan.

7.       Terima Ketidaksempurnaan

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Oleh karena itu, penting untuk menerima ketidaksempurnaan di dalam diri sendiri agar growth mindset dapat berkembang

semoga bermanfaat