1.
Guru menggeser jari tangan/alat penunjuk di
bawah setiap kata yang dibaca bertujuan untuk ….
Mengeja kata yang ditunjuk
Memodelkan secara eksplisit
kepada peserta didik arah dan cara membaca
Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan membaca
Membantu pemahaman peserta didik
2.
Cara memajang buku di rak sudut baca adalah
Ditata miring biar rapi
Ditumpuk biar praktis
Sampul menghadap ke depan
Variasi miring, ditumpuk, dan menghadap ke depan
3.
Diskusi setelah kegiatan membaca mandiri
bertujuan untuk …
Menguji pemahaman siswa
Memanfaatkan waktu sebelum kegiatan berakhir
Membantu peserta didik memahami
cerita
Memastikan peserta didik menyimak cerita dengan serius
4.
Pengecekan buku perlu dilakukan berkala oleh ….
Pustakawan sekolah
Siswa Relawan
Guru Kelas
Semua siswa
5.
Pada saat kegiatan membaca mandiri, Nina hanya
mampu menyelesaikan beberapa halaman pada buku yang dibacanya dikarenakan waktu
yang tersedia telah usai. Untuk itu pendidik dapat membimbing Nina untuk ….
6.
Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris
karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.
Benar
Salah
7.
Kegiatan membaca mandiri tidak berakhir begitu
saja setelah selesai membaca. Hal baik apa yang bisa dilakukan selanjutnya?
8.
Format atau isi dari jurnal bisa saja
berbeda-beda tergantung dari tujuan pembuatan jurnal.
9.
Buku merupakan bintang pada saat kegiatan
membaca nyaring. Hal ini dapat diartikan sebagai ….
Buku merupakan bentuk
penghargaan pendidik bagi peserta didik
Buku harus dibacakan apa adanya, sesuai dengan teks yang
tertulis
Buku harus digunakan dengan baik
Buku harus digunakan secara rutin
10.
Emi sudah dapat membaca dengan lantang dan
lancar. Pada tahap selanjutnya, pendidik dapat mengembangkan keterampilan
pemahaman Emi dengan cara ….
11.
Setelah melakukan kegiatan membaca bersama pertama kalinya, Bapak Hadi
menemukan bahwa peserta didik masih belum memahami bagaimana bentuk kalimat
yang lengkap. Pengajaran apa yang bisa Bapak Hadi fokuskan untuk mengatasi hal
ini?
12.
Berikut ini aktivitas tindak lanjut yang dapat
disarankan kepada peserta didik setelah membaca, kecuali
Mewarnai dari pola yang dibuat
guru
Berbagi cerita dari buku yang dibaca
Membuat bahan kaya bacaan
Bermain peran berdasarkan cerita yang dibaca