Jumat, 10 Mei 2024

Soal dan kunci jawaban modul Pemanfaatan Buku Nonteks(Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI])


1.       Guru menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah setiap kata yang dibaca bertujuan untuk ….

Mengeja kata yang ditunjuk

Memodelkan secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca

Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan membaca

Membantu pemahaman peserta didik

2.       Cara memajang buku di rak sudut baca adalah

Ditata miring biar rapi

Ditumpuk biar praktis

Sampul menghadap ke depan

Variasi miring, ditumpuk, dan menghadap ke depan

3.       Diskusi setelah kegiatan membaca mandiri bertujuan untuk …

Menguji pemahaman siswa

Memanfaatkan waktu sebelum kegiatan berakhir

Membantu peserta didik memahami cerita

Memastikan peserta didik menyimak cerita dengan serius

 

4.       Pengecekan buku perlu dilakukan berkala oleh ….

Pustakawan sekolah

Siswa Relawan

Guru Kelas

Semua siswa

5.       Pada saat kegiatan membaca mandiri, Nina hanya mampu menyelesaikan beberapa halaman pada buku yang dibacanya dikarenakan waktu yang tersedia telah usai. Untuk itu pendidik dapat membimbing Nina untuk ….

 

6.       Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.

Benar

Salah

 

7.       Kegiatan membaca mandiri tidak berakhir begitu saja setelah selesai membaca. Hal baik apa yang bisa dilakukan selanjutnya?

 

8.       Format atau isi dari jurnal bisa saja berbeda-beda tergantung dari tujuan pembuatan jurnal.

9.       Buku merupakan bintang pada saat kegiatan membaca nyaring. Hal ini dapat diartikan sebagai ….

Buku merupakan bentuk penghargaan pendidik bagi peserta didik

Buku harus dibacakan apa adanya, sesuai dengan teks yang tertulis

Buku harus digunakan dengan baik

Buku harus digunakan secara rutin

10.   Emi sudah dapat membaca dengan lantang dan lancar. Pada tahap selanjutnya, pendidik dapat mengembangkan keterampilan pemahaman Emi dengan cara ….

11.   Setelah melakukan kegiatan membaca bersama pertama kalinya, Bapak Hadi menemukan bahwa peserta didik masih belum memahami bagaimana bentuk kalimat yang lengkap. Pengajaran apa yang bisa Bapak Hadi fokuskan untuk mengatasi hal ini?

12.   Berikut ini aktivitas tindak lanjut yang dapat disarankan kepada peserta didik setelah membaca, kecuali

Mewarnai dari pola yang dibuat guru

Berbagi cerita dari buku yang dibaca

Membuat bahan kaya bacaan

Bermain peran berdasarkan cerita yang dibaca