Observasi kelas adalah:
1.
Kegiatan dimana para
guru saling mengamati cara mengajar masing-masing,
memberikan masukan, dan saling
belajar guna meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran murid.
2.
Berfokus untuk
meningkatkan cara/metode mengajar yang sesuai dengan kebutuhan
murid.
Program observasi kelas membantu
guru-guru untuk belajar dari berbagai pengalaman mengajar. Mereka bisa melihat
bagaimana guru-guru lain mengajar
dengan cara yang berbeda-beda. Hal ini dapat membantu memperluas pengetahuan
dan keterampilan mereka dalam mengajar. (Geoffrey
Newton)
Manfaat OBSERVASI KELAS
a. Pemahaman Bersama
Terkait
pengajaran yang efektif, berdampak dan menciptakan lingkungan belajar yang
konsisten di seluruh sekolah
b. Kinerja Guru
Yang
dapat ditingkatkan dalam mengajar melalui refleksi dan umpan balik yang
konstruktif
c.
Dampak
Pembelajaran
Yang
dioptimalkan dengan membantu guru mengenali diri mereka sendiri serta dampak
yang ditimbulkan oleh praktik pengajaran yang mereka lakukan
d.
Profesionalisme Guru
yang berkelanjutan yang bertujuan untuk
memenuhi kebutuhan pembelajaran guru
e.
Pertukaran
ide dan keahlian antar guru dengan memberikan kesempatan untuk berbagi ide,
pengalaman dan keahlian
f.
Pemecahan masalah
Secara berdiskusi terbuka mengenai tantangan, masalah dan
kekhawatiran guru sehingga solusi yang lebih baik dapat ditemukan berama
Apa hal yang perlu
diperhatikan saat pelaksaanOBSERVASI KELAS
- Menyepakati fokus yang
akan dilihat/dipelajari
saat observasi kelas
- Melakukan observasi objektif dengan menilai
bagaimana respon murid selama
proses
pembelajaran
-Mengembangkan kepercayaan antarguru
- Berkomitmen untukpengembangan
kualitas pembelajaran.
-Menjaga objektivitas
-Memahami konteks
yang terjadi di kelas yang akan diamati
Ragam Bentuk OBSERVASI
KELAS
a.
Observasi rekan sejawat
Kegiatan
observasi kelas yang dilakukan untuk saling mengamati praktik mengajar sesama
rekan dan belajar dari pengalaman satu sama lain.
b.
Tindakan kelas
Guru dalam kelompok yang
bekerja sama secara sistematis untuk mereviu
dan menyempurnakan pembelajaran tertentu agar lebih berdampak pada murid.
c. Observasi Kelas melalui Video
Guru merekam pembelajarannya di kelas dan merefleksi praktik pembelajarannya
berdasarkan hasilrekaman kemudian menentukan tindak lanjut.
d.
Bimbingan Instruksional
Pendekatan kolaboratif antara guru mentor dengan guru/kelompok untuk
meningkatkan kualitas pengajaran.
Tim kecil/manajemen sekolah mengobservasi kelas secara acak untuk melihat dampak dari komunitas belajar pada pembelajaran di kelas dan hasil pembelajaran murid.