Kamis, 04 April 2024

OBSERVASI KELAS

 

Observasi kelas adalah:

1.      Kegiatan dimana para guru saling mengamati cara mengajar masing-masing, memberikan masukan, dan saling belajar guna meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran murid.

2.      Berfokus untuk meningkatkan cara/metode mengajar yang sesuai dengan kebutuhan murid.
Program observasi kelas membantu guru-guru untuk belajar dari berbagai pengalaman mengajar. Mereka bisa melihat bagaimana guru-guru lain mengajar
dengan cara yang berbeda-beda. Hal ini dapat membantu memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengajar. (
Geoffrey Newton)




Manfaat OBSERVASI KELAS

a.        Pemahaman Bersama

Terkait pengajaran yang efektif, berdampak dan menciptakan lingkungan belajar yang konsisten di seluruh sekolah

b.      Kinerja Guru

Yang dapat ditingkatkan dalam mengajar melalui refleksi dan umpan balik yang konstruktif

c.       Dampak Pembelajaran

Yang dioptimalkan dengan membantu guru mengenali diri mereka sendiri serta dampak yang ditimbulkan oleh praktik pengajaran yang mereka lakukan

d.       Profesionalisme Guru

yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran guru

e.      Pertukaran ide dan keahlian antar guru dengan memberikan kesempatan untuk berbagi ide, pengalaman dan  keahlian

f.        Pemecahan masalah

Secara berdiskusi  terbuka mengenai tantangan, masalah dan kekhawatiran guru sehingga solusi yang lebih baik dapat ditemukan berama

Apa hal yang perlu diperhatikan saat pelaksaanOBSERVASI KELAS
- Menyepakati fokus yang akan dilihat/dipelajari saat observasi kelas
- Melakukan observasi objektif dengan menilai bagaimana respon murid selama

   proses pembelajaran
-Mengembangkan kepercayaan antarguru
- Berkomitmen untukpengembangan kualitas pembelajaran.
-Menjaga objektivitas

-Memahami konteks yang terjadi di kelas yang akan diamati


Ragam Bentuk OBSERVASI KELAS

a.       Observasi rekan sejawat
Kegiatan observasi kelas yang dilakukan untuk saling mengamati praktik mengajar sesama rekan dan belajar dari pengalaman satu sama lain.

b.      Tindakan kelas

Guru dalam kelompok yang bekerja sama secara sistematis untuk mereviu
dan menyempurnakan pembelajaran tertentu agar lebih berdampak pada murid.

c.       Observasi Kelas melalui Video

Guru merekam pembelajarannya di kelas dan merefleksi praktik pembelajarannya

berdasarkan hasilrekaman kemudian menentukan tindak lanjut.

d.      Bimbingan Instruksional
Pendekatan kolaboratif antara guru mentor dengan guru/kelompok untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

           e. Observasi Kelas oleh Tim Kecil'

Tim kecil/manajemen sekolah mengobservasi kelas secara acak untuk melihat dampak dari komunitas belajar pada pembelajaran di kelas dan hasil pembelajaran murid.

Sumber materi PMM Komunitas belajar