Sabtu, 02 Maret 2024

KONSEP PEMBELAJARAN MENYENANGKAN

 

DEFINISI BELAJAR
Menurut Gagne
Learning is change in human disposition or capacity, which persists over a period time, and which is not simply ascribable to process a growth” (Saefudin dan Berdianti, 2014:8)
(Belajar adalah perubahan pada disposisi atau kemampuan manusia, yang bertahan selama
periode waktu tertentu, dan tidak hanya dapat dianggap sebagai proses pertumbuhan ).
Menurut Sudjana
Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang

Pembelajaran Menyenangkan
Pembelajaran menyenangkan merupakan pembelajaran yang didesain sedemikian rupa
sehingga memberikan suasana penuh keceriaan, menyenangkan dan yang paling
utama tidak membosankan (Djamarah, 2010).
Menurut ahli lainnya pembelajaran yang menyenangkan adalah adanya pola hubungan
yang baik antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran (Layyinah, 2017)

KONSEP PEMBELAJARAN MENYENANGKAN

1.     Belajar di alam

Proses belajar berbeda dari biasanya yang biasanya belajar di dalam kelas Sekarang belajar di luar kelas , guru membawa muridnya belajar di alam.
Dalam suatu penelitian bahwa dijelaskan bahwa alam dapat sangat membantu anak
belajar membangun kepercayaan diri mereka, mengurangi gangguan hiperaktif
akibat kurangnya perhatian, menenangkan anak serta membantu mereka untuk fokus

2.     Pembelajaran Berbasis Permainan

Pembelajaran menyenangkan dengan mengintegrasikan elemen permainan dan kompetisi ke dalam pembelajaran untuk membuatnya lebih menarik, murid sangat

menyukai game karena terasa bermain bukan belajar. Ini bisa termasuk puzzle, game papan, atau permaianan berbasis teknologi

3.     Belajar sambil bergerak

Belajar sambil bergerak dapat memberikan kontribusi positif bagi keberhasilan proses pembelajaran .
Paul E. Dennison menyebutkan bahwa gerakan adalah jalan menuju pembelajaran . Artinya gerakan dapat menjadi salah satu jalur yang dapat
digunakan sebagai landasan dalam pembelajaran.

4.     Belajar Menggunakan teknologi

Belajar dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi berfungsi sebagai alat (Tools) dalam pembelajaran, sehinggamemberikan pengalaman belajar yang
berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar


Sumber: Pelatihan e guru,id