Selasa, 28 November 2023

AKSI NYATA DISIPLIN POSITIF MEMBUAT KEYAKINAN KELAS


Secara umum Disiplin Positif adalah suatu pendekatan untuk menerapkan disiplin dari dalam diri anak tanpa hukuman dan hadiah. Disiplin Positif perlu diterapkan baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Dengan menerapkan Disiplin Positif, diharapkan tindak kekerasan dapat dihindar

Salah satu langkah untuk menimbulkan kembali disiplin positif tersebut adalah dengan membuat keyakinan kelas pada pembelajaran tatap muka yang mulai berlangsung. Keyakinan kelas dipilih karena setiap tindakan atau perilaku yang kita lakukan di dalam jelas dapat menentukan terciptanya sebuah lingkungan positif. Perilaku warga kelas tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang akhirnya membentuk sebuah budaya positif. untuk itulah diperlukan penciptaan keyakinan-keyakinan dasar bersama di antara warga kelas.

Cara membentuk keyakinan kelas

1.   Membuka ruang diskusi

Memberi kesempatan setiap siswa menyampaikan masukannya

2.   Mencatat

Setiap siswa mencatat peraturan kelas yang akan diterapkan di kelas

3.   Merumuskan keyakinan

Siswa dan guru mengelompokkan peraturan kelas yang sejenis

Mengubah peraturan dengan kalimat positif

Merumuskan keyakinan dari pengelompokkan peraturan kelas

4.   Tinjau Ulang

Tinjau kembali keyakinan kelas yang sudah dirumuskan

5.   Membuat pernyataan keyakinan

6.   Tanda tangan

7.   Pajang

Pajang keyakinan kelas di tempat yang mudah dilihat, supaya setiap      saat siswa dapat melihat dan melaksanakan keyakinan kelas