Secara umum Disiplin Positif adalah suatu pendekatan untuk menerapkan
disiplin dari dalam diri anak tanpa hukuman dan hadiah. Disiplin Positif perlu diterapkan baik dalam lingkungan keluarga maupun
lingkungan sekolah. Dengan menerapkan Disiplin Positif, diharapkan tindak
kekerasan dapat dihindar
Salah satu langkah untuk menimbulkan kembali disiplin positif tersebut adalah dengan membuat keyakinan kelas pada pembelajaran tatap muka yang mulai berlangsung. Keyakinan kelas dipilih karena setiap tindakan atau perilaku yang kita lakukan di dalam jelas dapat menentukan terciptanya sebuah lingkungan positif. Perilaku warga kelas tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang akhirnya membentuk sebuah budaya positif. untuk itulah diperlukan penciptaan keyakinan-keyakinan dasar bersama di antara warga kelas.
Cara membentuk keyakinan kelas
1.
Membuka ruang diskusi
Memberi kesempatan setiap siswa
menyampaikan masukannya
2.
Mencatat
Setiap siswa mencatat peraturan kelas yang akan diterapkan di kelas
3.
Merumuskan keyakinan
Siswa dan guru mengelompokkan
peraturan kelas yang sejenis
Mengubah peraturan dengan kalimat
positif
Merumuskan keyakinan dari
pengelompokkan peraturan kelas
4.
Tinjau Ulang
Tinjau kembali keyakinan kelas yang
sudah dirumuskan
5.
Membuat pernyataan keyakinan
6.
Tanda tangan
7.
Pajang
Pajang
keyakinan kelas di tempat yang mudah dilihat, supaya setiap saat siswa dapat melihat dan melaksanakan
keyakinan kelas