1.
Dalam mengerjakan tugas, ada saatnya murid
memerlukan aplikasi yang membantunya untuk berkonsultasi dan berkoordinasi
dengan guru atau teman-temannya. Tahap ini disebut:
-Konsep
-Diskusi
-Kemas
-Sebar
2.
Dalam praktik ini, guru mengerti bahwa bisa
mengedit dokumen secara bersama belum tentu berkolaborasi. Apa maksudnya? (Semua
pernyataan ini benar, KECUALI):
-fitur mengedit bersama tidak secara otomatis merangsang rasa
saling percaya
-fitur mengedit bersama tidak secara otomatis merangsang rasa
tanggung jawab
-fitur mengedit bersama
merangsang hal lain, seperti berpikir kritis
-fitur teknis tidak secara otomatis merangsang suatu tingkah
laku
3.
Literasi Digital seorang dalam pembelajaran
dianggap kurang baik jika ia menggunakan aplikasi LMS (seperti Edmodo, Google
Classroom) untuk berikut ini, KECUALI:
-sekadar dipakai untuk menyebar dokumen tugas
-sekadar dipakai untuk murid mengumpulkan tugas
-sekadar dipakai untuk daftar kehadiran
-fitur chat yang tersedia
digunakan untuk memancing diskusi kritis di antara murid.
4.
Seorang Guru sangat menguasai aplikasi
presentasi. Ia mampu menggunakan beragam fitur animasi yang tersedia. Namun
demikian, di kelas pendekatannya adalah sebatas presentasi materi ajarnya. Mana
pernyataan yang paling cocok tentang Guru ini berdsarkan Kerangka TPACK.
-Pengetahuan Teknologi Guru ini
tinggi.
-Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi.
-Pengetahuan Konten Guru ini rendah.
-Pengetahuan Komunitas Guru ini tinggi.
5.
Menurut Kerangka TPACK, guru perlu punya
pengetahuan tentang prinsip, pendekatan, dan metode pembelajaran, terutama yang
bersifat student-centered learning. Ini disebut:
-Pengetahuan Teknologi
-Pengetahuan Pedagogi
-Pengetahuan Konten
-Pengetahuan Komunitas