Jumat, 06 Oktober 2023

Soal dan kunci jawaban modul 5 Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis [Kemitraan dengan HP Indonesia]

 

1.       Dalam mengerjakan tugas, ada saatnya murid memerlukan aplikasi yang membantunya untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan guru atau teman-temannya. Tahap ini disebut:

-Konsep

-Diskusi

-Kemas

-Sebar

2.       Dalam praktik ini, guru mengerti bahwa bisa mengedit dokumen secara bersama belum tentu berkolaborasi. Apa maksudnya? (Semua pernyataan ini benar, KECUALI):

-fitur mengedit bersama tidak secara otomatis merangsang rasa saling percaya

-fitur mengedit bersama tidak secara otomatis merangsang rasa tanggung jawab

-fitur mengedit bersama merangsang hal lain, seperti berpikir kritis

-fitur teknis tidak secara otomatis merangsang suatu tingkah laku

 

3.       Literasi Digital seorang dalam pembelajaran dianggap kurang baik jika ia menggunakan aplikasi LMS (seperti Edmodo, Google Classroom) untuk berikut ini, KECUALI:

-sekadar dipakai untuk menyebar dokumen tugas

-sekadar dipakai untuk murid mengumpulkan tugas

-sekadar dipakai untuk daftar kehadiran

-fitur chat yang tersedia digunakan untuk memancing diskusi kritis di antara murid.

 

4.       Seorang Guru sangat menguasai aplikasi presentasi. Ia mampu menggunakan beragam fitur animasi yang tersedia. Namun demikian, di kelas pendekatannya adalah sebatas presentasi materi ajarnya. Mana pernyataan yang paling cocok tentang Guru ini berdsarkan Kerangka TPACK.

-Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi.

-Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi.

-Pengetahuan Konten Guru ini rendah.

-Pengetahuan Komunitas Guru ini tinggi.

5.       Menurut Kerangka TPACK, guru perlu punya pengetahuan tentang prinsip, pendekatan, dan metode pembelajaran, terutama yang bersifat student-centered learning. Ini disebut:

-Pengetahuan Teknologi

-Pengetahuan Pedagogi

-Pengetahuan Konten

-Pengetahuan Komunitas