Senin, 17 April 2023

AKSI NYATA Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B - C(Menyelenggarakan Pelaporan Belajar Oleh Murid)

 


Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik, yang hasilnya kemudian digunakan sebagai bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran

Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya

Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai selanjutnya;

Tujuan Assessment

  • Menilai kemampuan individu melalui tugas tertentu.
  • Menentukan kebutuhan pembelajaran.
  • Membantu dan mendorong siswa.
  • Membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik.
  • Menentukan strategi pembelajaran.
  • Akuntabilitas lembaga.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan.
  • jenis-jenis Asesmen
  • Asesmen diagnosis

    Salah satu bentuk asesmen formatif yang bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan awal dan kebutuhan belajar murid. Hasilnya dapat digunakan guru sebagai rujukan dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid.

    Asesmen Formatif

    Bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian
    tujuan pembelajaran

    Asesmen Sumatif

    Bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar
    penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan


https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/2558922?topik_name=Asesmen%20SMP%20-%20SMA%2FSMK%2F%20Paket%20B%20-%20C&topik_id=10

Sumber: Pelatihan PMM