Rabu, 22 Maret 2023

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Topik Meningkatkan Kompetensi Numerasi di Satuan Pendidikan

 Materi yang dipelajari dalam Topik Meningkatkan Kompetensi Numerasi di Satuan Pendidikan

  • Memahami numerasi dan penerapannya
  • Memahami indeks numerasi di rapor pendidikan
  • Memahami penerapan numerasi dalam konteks berbagai mata pelajaran
  • Strategi pembelajaran numerasi yang menyenangkan
  • Penerapan numerasi dalam kehidupan sehari-hari

    1.      Salah satu bentuk penguatan kompetensi 'Menerapkan' dalam numerasi adalah …

    A.    Guru memberikan tugas matematika

    B.     Guru memberikan tugas Sains

    C.     Guru mengajak murid untuk berkampanye tentang pentingnya numerasi

    D.    Guru mengajak murid berdiskusi tentang penyajian data dalam bentuk diagram dan grafik dengan meneliti ragam diagram dan grafik dari koran

     

    2.      Kemampuan menalar pada kompetensi numerasi dalam rapor pendidikan adalah :

     

    A.    Kemampuan peserta didik memahami fakta, prose, konsep dan prosedur

    B.     Kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang fakta-fakta, relasi, proses, konsep, prosedur, dan metode pada konten bilangan dengan konteks situasi nyata untuk menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan

    C.     Kemampuan peserta didik menganalisis data dan informasi, membuat kesimpulan, dan memperluas pemahaman dalam situasi baru, meliputi situasi yang tidak diketahui sebelumnya atau konteks yang lebih kompleks

    D.    Semua benar

    3.      Pak Agus mengajak peserta didiknya mengukur panjang buku tulis, tapi tidak menggunakan penggaris. Terdapat penghapus, sepatu dan bola di atas meja. Berikut penjelasannya:

     

              1. Penghapus lebih pendek dari buku, dan ukuran penghapus sudah diketahui

              2. Sepatu terlihat lebih panjang dari buku, belum diketahui berapa panjang sepatunya

             3. Bola belum diketahui berapa ukuran diameternya

     

    Adi memilih penghapus untuk mengukur panjang buku tulis tersebut. Apakah alasan Adi memilih menggunakan penghapus untuk mengukur panjang buku tulis? Jawaban di bawah ini adalah benar, kecuali.....

    A.    Karena tidak diperbolehkan menggunakan penggaris

    B.     Karena sulit untuk mengukur dengan menggunakan bola

    C.    Karena panjang penghapus memiliki satuan terkecil di antara benda lainnya, dan dapat mengukur panjang buku

    D.    Karena Adi mencari benda yang mudah didapat di meja saja, makanya ia mengambil penghapus

    4.      Pada fase ini peserta didik akan mengoptimalkan inderanya untuk menerima informasi dengan media yang mereka gunakan. Hal tersebut terjadi pada fase …

    A.    Gambar

    B.     Konkret

    C.     Abstrak

    D.    Kognitif

    5.      Salah satu bentuk penguatan kompetensi 'Mengetahui' untuk murid yang membutuhkan intervensi khusus adalah…

    A.    Guru dapat meminta murid untuk meringkas materi dalm paragraf panjang

    B.     Guru dapat mengajak murid untuk menghapalkan rumus-rumus matematika

    C.     Guru dapat meminta murid untuk mencatat hal-hal penting dalam mata pelajaran Matematika

    D.    Guru dapat melakukan aktivitas percobaan dan murid dapat melakukan observasi juga ikut mencoba percobaan tersebut, Kemudian murid dapat melakukan pencatatan data sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya

    6.      Hal yang bukan menjadi keuntungan menerapkan metode konkret ke abstrak dalam numerasi, yaitu …

    A.    Memberikan pengalaman belajar

    B.     Mengembangkan cara memecahkan masalah

    C.     Lebih percaya diri dengan cara berpikirnya

    D.    Tidak efisien