Sabtu, 11 Maret 2023

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

1.      Setiap pemangku kepentingan mempunyai peran penting untuk mendukung program pembelajaran projek di satuan pendidikan. Murid dan orang tua bukanlah salah satu pemangku kepentingan yang bepengaruh dalam projek.

  Pernyatan di atas adalah...

Benar

Salah

2.      Bagaimana peran projek sebagai asesmen?
A. Proyek dapat memberikan pengalaman kepada murid
 B.
Dengan kegiatan berproyek dapat terlihat ketercapaian perkembangan murid secara holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja

C. Projek menghubungkan murid dengan dunia nyata

D.    Dalam projek, murid merasa memiliki penuh akan aktivitas yang dilakukannya

 

3.      Ketika konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagai pendidik (>50%) dan pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah tetapi belum terjadi lintas disiplin ilmu, berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya?
A. Tahap awal

B.     Tahap berkembang

C.     Tahap Lanjutan

D.    Dapat bebas memilih tahapan

4.      Bu Meiske dan tim fasilitas projek sedang merancang modul projek yang akan dilakukan di fase F. Berikut adalah contoh pengalokasian waktu yang dapat dilakukan, kecuali...

A.    Menetapkan satu hari dalam seminggu sebagai hari pengerjaan projek

B.     Memberikan kebebasan bagi murid untuk menentukan sehingga tidak ada tanggal tetap

C.     Menetapkan waktu dengan sistem blok untuk pelaksanaan projek

D.    Menentapkan beberapa hari dalam satu minggu sebagai waktu pelaksanaan projek

5.     Bu Loli sedang bingung memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua pilihan yaitu, tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dan "Gaya Hidup Berkelanjutan". Mengingat pada semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu loli dan Tim Fasilitator merasa tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" sangatlah cocok untuk dilakukan. Di sisi lain "Bangunlah Jiwa dan Raganya" juga menarik untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang dapat Ibu Loli dan tim fasilitas projek lakukan untuk mengakomodir tema-tema di atas?

A.    Mengambil tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dalam kegiatan projek, sedangkan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dapat diintegrasikan dalam rutinitas sehari-hari seperti olahraga rutin, diskusi personal antara guru dan murid, dan sesi cerita terkait pengalaman sosial-emosional.


B.      Bertanya pada mitra terdekat seperti pengawas dan kepala dinas untuk menentukan tema’

C.      Melakukan observasi dan pemeriksaan pencapaian murid, lalu membagi murid dikelas untuk melakukan projek dengan”gau=ya Hidup Berkelanjutan dan “Bangunlah Jiwa dan Raganya” sesuai peminatan dan hasil observasi